Ilustrasi badai/bmkg
Travel

Tokyo Dihantam Badai Topan, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badai topan Ampil melanda Tokyo, mendorong maskapai penerbangan membatalkan ratusan penerbangan dan jalur kereta api menghentikan sebagian operasi mereka pada puncak musim perjalanan musim panas.

Topan tersebut, yang dikategorikan sebagai "kuat" oleh Badan Meteorologi Jepang (JMA), berada sekitar 690 km (430 mil) di lepas pantai Pasifik Jepang pada pukul 09.00 (00.00 GMT pada hari Kamis), menuju Tokyo dan wilayah sekitarnya. Badan ini memiliki dua kategori yang lebih tinggi – “sangat kuat” dan “kekerasan”.

Topan Ampil bertiup dengan kecepatan angin 35 meter per detik (78 mph), dengan hembusan maksimum 50 meter per detik (112 mph), menurut JMA.

“Dengan mendekatnya topan ini, kami mengimbau masyarakat untuk sangat waspada terhadap badai, gelombang tinggi, dan hujan lebat,” kata seorang pejabat JMA pada konferensi pers dilansir dari reuters.

Japan Airlines 9201.T mengatakan pihaknya berencana membatalkan 191 penerbangan domestik dan 26 penerbangan internasional, banyak di antaranya berangkat atau tiba di bandara Haneda Tokyo, pada hari Jumat.

Maskapai besar lainnya, ANA, mengumumkan akan membatalkan 280 penerbangan domestik yang semula dijadwalkan pada hari Jumat, sehingga berdampak pada lebih dari 60.000 penumpang.

Central Japan Railway 9022.T mengatakan akan membatalkan semua layanan kereta peluru "Shinkansen" antara Tokyo dan jantung industri Jepang, Nagoya pada hari Jumat.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro