Perempuan yang memiliki kulit sawo matang/Tatler Asia
Health

Tips Menjaga Kelembapan Kulit Saat Musim Hujan dan Kemarau

Novita Sari Simamora
Rabu, 4 September 2024 - 20:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang  memiliki masalah kulit, maka bisa mencoba berbagai tips agar kulit cerah, meskipun musim hujan dan kemarau.

Dilansir dari News18, Rabu (4/9/2024), musim hujan dan kemarau yang bergantian hanya dalam seminggu, bisa menimbulkan masalah bagi kulit wajah. Kondisi kulit sangat tergantung dengan  kelembapan lingkungan.

Untuk melindungi kulit dari efek buruk perubahan musim dan mempertahankan kulit yang sehat, maka Anda harus melakukan penyesuaian pada rutinitas perawatan kulit Anda. Anda bisa membersihkan wajah secara rutin.

Simak cara menjaga agar kulit wajah bersih dan tidak berjerawat:

1. Bersihkan Secara Teratur

Kulit wajah cenderung mengumpulkan lebih banyak kotoran, debu, minyak berlebih, dan keringat karena meningkatnya kelembapan. Penumpukan ini dapat menyumbat pori-pori dan mungkin menyebabkan timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan benar dua kali sehari dengan pembersih yang lembut sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan membuka pori-pori.

Cari pembersih yang diperkaya dengan bahan-bahan alami, seperti minyak pohon teh dan lidah buaya, yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan membantu menjaga keseimbangan kelembapan alami kulit. Selain itu, sabun pembersih tubuh yang mendetoksifikasi juga bermanfaat, karena membantu membersihkan dan melindungi kulit dari bakteri yang dibawa oleh lumpur dan hujan.

2. Pakai sunscreen atau tabir surya

Kesalahan yang sering dilakukan selama musim hujan adalah lupa pakai suncreen. Namun, jangan biarkan langit mendung menipu Anda, karena sinar UV dapat menembus awan dan tetap menyebabkan kerusakan pada kulit. Penting untuk menggunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 30 setiap pagi.

Tabir surya membantu melindungi kulit dari sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan pigmentasi, penuaan dini, dan kulit terbakar. Memasukkan tabir surya ke dalam rutinitas harian dan mengoleskannya kembali setiap beberapa jam, terutama setelah terkena hujan atau keringat, sangat penting.

3. Hidrasi adalah kuncinya

Meskipun tingkat kelembapan mungkin tinggi selama musim hujan, kulit Anda membutuhkan hidrasi yang tepat. Pilih pelembap ringan dan nonkomedogenik yang menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Produk yang mengandung asam hialuronat juga efektif, karena memberikan hidrasi yang dalam sekaligus tetap ringan di kulit. Asam hialuronat mempertahankan kelembapan dan mengencangkan kulit, sehingga kulit tampak segar dan muda.

Sebaiknya hindari pelembap yang kental dan bertekstur krim yang dapat memperparah minyak dan menyebabkan timbulnya jerawat. Sebaliknya, pilih pelembap berbahan dasar gel atau air yang memberikan hidrasi tanpa terasa berminyak.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro