Dokter dari Dermaster/
Health

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik Estetik, Termasuk Nutrisinya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 September 2024 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bedah plastik kecantikan saat ini telah menjadi tren yang digandrungi orang termasuk di Indonesia.

Hal ini seiring dengan perubahan evolusi kecantikan di dunia.

dr. Jessy Suryadi, Head Dokter Network Dermaster Indonesia mengatakan bedah plastik kini bukan hanya diinginkan perempuan, tapi juga pria.

Menurutnya, tingginya permintaan bedah plastik karena ada beberapa treatment kecantikan yang tidak bisa membantu kondisi tertentu.

"Semisal bentuk hidung yang sulit diubah dan hanya bisa dibantu dengan yang solid," ujarnya dalam peluncuran layanan bedah plastik terbaru Dermaster Plastic Surgery Indonesia.

Dia mengatakan, untuk bedah plastik juga lebih tahan lama dibandingkan treatment non invasif seperti botox, filler dan tanam benang.

Sementara itu, dr. Anastasia Dessy selaku Head Dokter Dermaster Plastic Surgery Network, mengatakan pada saat ini kebutuhan manusia untuk melakukan tindakan bedah plastik merupakan sesuatu yang esensial.

Karena sejalan dengan berjalannya waktu proses aging tidak dapat dihindari, sementara penampilan yang prima tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas hidup manusia dalam berinteraksi sosial.

"Untuk menjawab kebutuhan itulah kami ingin membantu Sahabat Dermaster untuk memberikan layanan bedah plastik yang aman,
nyaman dan berkualitas. Dermaster menerapkan holistic yang meliputi pre-treatment dan post-treatment, dengan fokus pada
persiapan tubuh sebelum operasi dan perawatan pasca operasi. Ini mencakup perhatian khusus pada nutrisi untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi," paparnya.

dr. Anastasia mengatakan ada beberapa hal yang harus diketahui orang sebelum menjalankan bedah plastik. 

Pertama, mereka harus paham akan risiko dari bedah plastik. Menurutnya, bedah plastik estetik memiliki risiko dan komplikasi seperti efek samping, komplikasi medis, dan hasil yang tidak memuaskan. "Namun di Dermaster kami berupaya menekan seminimal mungkin hal ini karenanya diharapkan semua pasien disiplin konsultasi," paparnya.

Berikut persiapan pelaksanaan dan pemulihan bedah plastik estetik yang harus diketahui

Persiapan sebelum menjalani bedah plastik estetik

  • Konsultasi dengan dokter
  • Pemeriksaan medis tes darah
  • EKG
  • Ronsen
  • Mengikuti instruksi dokter

Proses pelaksanaan bedah plastik

  • Persiapan operasi: pasien akan diberikan anastesi dan dipersiapkan untuk prosedur pembedahan
  • Pelaksanaan prosedur: Dokter akan melakukan tindakan bedah sesuai dengan rencana yang telah disepakati
  • Pemantauan pasca operasi: Pasien akan dipantau selama beberapa jam atau hari untuk memastikan pemulihan yang baik

Pemulihan dan perawatan pasca bedah plastik estetik

  • Istirahat
  • Perawatan luka
  • Pengobatan
  • Pemantauan Lanjutan

Sementara itu, menurut dr. Christopher Andrian selaku Dokter Spesialis Gizi Dermaster, sebelum operasi, penting untuk menilai status gizi pasien dan memberikan rekomendasi yang tepat untuk memastikan tubuh dalam kondisi optimal. Kami juga mengidentifikasi pantangan, seperti makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan risiko perdarahan, seperti pengencer darah atau dosis tinggi omega-3.

Setelah operasi, fokus kami adalah mendukung penyembuhan luka dan mengelola risiko komplikasi dengan nutrisi yang tepat, serta memastikan asupan nutrisi untuk pemulihan energi dan fungsi tubuh.

"Ini semua bertujuan untuk menjaga hasil operasi jangka panjang dan memastikan hasilnya tetap baik" paparnya.

Dia menjelaskan nutrisi penting untuk penyembuhan luka pasca operasi. Fokusnya pada peran protein, vitamin, dan mineral dalam mempercepat penyembuhan luka.

Pasien juga harus mengonsumsi makanan yang mendukung pemulihan pasca operasi yakni bahan makanan kaya nutrisi yang membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan.

Selanjutnya peran hidrasi dalam pemulihan bisa mempercepat proses penyembuhan dan menjaga elastistisitas kulit.

Suplemen juga, katanya, menjadi kunci untuk penyembuhan pasca operasi seperti vitamin c dan kolagen.

Pasien juga harus mengidentifikasi makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk mencegah komplikasi pasca operasi.

Berikut hal-hal yang harus dihindari sebelum, dan sesudah bedah plastik estetik

Makanan yang harus dihindari sebelum bedah plastik estetik

  • Makanan tinggi garam karena bisa memicu retensi cairan dan pembengkakan
  • Makanan pedas karena bisa mengiritasi lambung
  • Makanan berlemak tinggi karena memperlambat proses penyembuhan
  • Minuman beralkohol karena berisiko pendarahan dan gangguan obat anastesi
  • Suplementasi yang membuat darah lebih encer, seperti ginseng, ginko biloba, bawang putih, omega 3 dosis tinggi dan vitamin e dosis tinggi.

Nutrisi setelah operasi

  • Cairan dan makanan kaya serat dapat membantu mengatasi sembelit
  • Ganti porsi besar makanan dengan yang lebih kecil dengan waktu makan lebih sering
  • Protein membantu meningkatkan penyembuhan energi dan sistem kekebalan tubuh
  • Hindari mengonsumsi gula, alkoho, dan makanan olahan
  • Jika nafsu makan Anda rendah, tanyakan kepada dokter tentang suplemen nutrisi

Makanan yang harus dihindari setelah bedah plastik estetik

1. Makanan manis

Gula berlebih dapat meningkatkan peradangan, memperlambat proses penyembuhan, fluktuasi kadar glukosa darah yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk memperbaiki jaringan

2. Alkohol

Karena alkohol dapat mengganggu hidrasi tubuh, memperlambat regenerasi jaringan dan meningkatkan risiko perdarahan. Alkohol juga dapat berinterasi negatif dengan obat-obatan pasca operasi

3. Air soda dan kopi

Konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi kualitas tidur yang sangat penting untuk proses penyembuhan. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan tekanan darah yang bisa memicu komplikasi seperti pendarahan.

4. Gula dan garam

Sodium berlebihan dapat menyebabkan retensi cairan yang bisa memperburuk pembengkakan pasca operasi. Pengurangan asupan garam dapat membantu mengurangi bengkak dan mempercepat penyembuhan.

5. Makanan kaleng, gorengan dan makanan pedas

Makanan yang dapat meningkatkan peradangan seperti daging merah olahan dan makanan yang digoreng capat memperlambat penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi

Sementara itu, dr Jessy mengatakan layanan bedah plastik Dermaster bekerja sama dengan dr. Youngil Ko sebagai direktur Zero One Plastic Surgery Seoul, klinik bedah plastik terdepan dari Korea Selatan, yang dikenal akan teknik canggih dengan hasil yang alami.

Dermaster Plastic Surgery menawarkan layanan bedah plastik estetika yang mencakup operasi langsung di Korea melalui kerja sama dengan dr. Youngil Ko dari Zero One Plastic Surgery, Seoul.

Serta teknik bedah plastik Korea yang dilakukan di Indonesia oleh dokter professional berpengalaman dengan hasil setara operasi di luar negeri namun dengan harga yang lebih terjangkau.

“Tindakan facelift atau pengangkatan kulit berlebih/excess skin, perlu dikombinasikan dengan prosedur minimal invasive, untuk mendapatkan hasil yg Optimal. Dimana kita tidak hanya berfokus membuang kelebihan kulit, lemak, dan reposisi ototnya saja. Namun kita jg memperhatikan kualitas kepadatan, kekenyalan dan kekencangan dari kulitnya sendiri. Sehingga hasil operasi bisa awet, bertahan lama dan juga maksimal.” ujar dr. Jessy

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro