Olahraga lari baik bagi kesehatan tubuh
Fashion

Tips Memilih Sepatu Lari yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 September 2024 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lari kini menjadi salah satu tren olahraga yang digandrungi banyak orang.

Danny Harris, Co-CEO dan Co-Founder Alo mengatakan olahraga lari bisa untuk mengeksplorasi kondisi meditatif dan manfaat kesehatan mental yang ditawarkan oleh lari, baik di jalan, lintasan setapak, pantai, atau lintasan lari.

"Olah raga lari lebih dari sekadar gerakan pada kaki; kegiatan ini merupakan sebuah journey yang terus mendorong demi sebuah kemajuan," ujarnya. 

Dengan naiknya tren ini, tentu saja membuat sepatu lari menjadi incaran para runner tersebut.

Apalagi, butuh sepatu lari yang tepat agar tidak memicu cedera saat Anda berlari memakainya.

Setiap bagian dari sepatu lari memiliki tujuan tertentu dan dirancang agar pas dengan kaki dengan cara tertentu. Perbedaan sekecil apa pun dapat memengaruhi pengalaman Anda. 

Lantas apa yang harus dipertimbangkan saat memilih sepatu lari yang ideal?

1. Ukuran

Sesuaikan ukuran kaki Anda. Ukuran sepatu dapat berubah seiring bertambahnya usia, jadi penting untuk mengukur kaki Anda setiap kali berbelanja sepasang sepatu baru. Jika salah satu kaki sedikit lebih besar dari kaki lainnya, pertimbangkan untuk membeli sepatu dengan berbagai ukuran.

2. Berat sepatu

Pastikan sepatu Anda ringan. Mengenakan sepatu yang ringan dapat membantu Anda berlari lebih jauh dan lebih cepat. Sepatu lari standar memiliki berat lebih dari 10 ons. Sepatu ringan berukuran 10 ons atau kurang untuk ukuran 9 pria dan 8 ons atau kurang untuk ukuran 8 wanita.

3. Pilih sepatu netral atau sepatu zero-drop

Sepatu netral tidak mengandung komponen kontrol gerak atau stabilitas apa pun yang memengaruhi gerakan kaki normal. Dan sepatu zero-drop dirancang untuk menjaga kaki tetap sejajar dengan tanah.

4. Breathable

Anda juga butuh sepatu dengan sirkulasi udara yang bagus. Danny Harris, Co-CEO dan Co-Founder Alo mengatakan teknologi itu diterapkan pada Alo Runner, produk terbaru dari Alo Yoga.

Mereka menciptakan teknologi mesh berlapis ganda untuk sirkulasi udara (breathable) pada bagian atas dirancang untuk mengoptimalkan aliran udara dan terbuat dari 70% bahan daur ulang

5. Midsole

Midsole sepatu lar juga harus mempertimbangkan kepadatan ganda dinamis untuk dampak mulus, respon tinggi, dan kenyamanan optimal

6. Bantalan tumit

Ini juga menjadi hal penting dalam sepatu lari, karena bantalan tumit bisa berikan dukungan stabilitas dan struktur

7. Selanjutnya ada teknologi yang diterapkannya

"Pada Alo runner, kami menerapkan detail reflektif guna menangkap cahaya untuk visibilitas dan gaya. Grip pods sol luar multi-medan tawarkan traksi tumit-ke-kaki di trek, jalan, dan pasir, dan juga stabilizing heel clip berikan stabilitas dan sokongan pokok," tambah Danny.

Dengan makin meningkatnya tren olahraga lagi ini, brand fesyen dan gaya hidup luxury activewear Alo Yoga ikut meluncurkan Running Sneaker alo Runner.

Dirancang dengan cermat untuk memadukan gaya berperforma prima, gaya, dan mindfulness, dan dirancang untuk meningkatkan pengalaman berlari memadukan gaya dengan fungsi secara sempurna. Setiap langkah diresapi dengan mindfulness, harmonisasi, dan daya.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro