Youtuber Ishowspeed Dihadiahi Batik Diklaim asal Malaysia, Netizen Ramai-ramai Protes/instagram
Entertainment

Youtuber Ishowspeed Dihadiahi Batik Diklaim asal Malaysia, Netizen Ramai-ramai Protes

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 September 2024 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARAT - Youtuber Ishowspeed sedang ramai dibahas di media sosial karena kontennya yang berkaitan dengan batik.

Hal itu karena protes dari warganet Indonesia yang membantah klaim orang Malaysia yang mengatakan batik merupakan pakaian nasional dari Malaysia.

Semula Ishowspeed sedang duduk di dalam mobilnya sambil membuat konten, tak lama kemudian muncul seorang penggemarnya menghampiri.

Pria yang memakai kacamata itu kemudian memberikan sebuah kemeja batik pada idolanya tersebut sambil mengatakan itu adalah pakaian nasional Malaysia.

“Ini adalah pakaian nasional Malaysia batik, kamu harus memakainya,” ujar pria tersebut.

Pria itu memberikan tujuh batik dengan warna yang berbeda.

Ishowspeed pun memakai kemeja batik tersebut bahkan saat berkeliling wilayah sekitar Malaysia.

Tak lama, video live itu mendapatkan banyak komentar dari penonton di Indonesia yang kemudian memprotes dan memberitahunya bahwa batik bukanlah pakaian nasional Malaysia melainkan dari Indonesia.

“Batik dari Malaysia atau Indonesia, ada yang bilang dari Indonesia,” ujarnya kebingungan.

Ishowspeed sempat juga bertanya pada penduduk sekitar soal sumber darimana batik berasal, dan pria itu mengatakan berasal dari Malaysia.

Akhirnya dia mencari kebenaran sumber dari batik tersebut dan menemukan penjelasan dari google jika batik berasal dari Indonesia.

"Wheres is batik from," ujarnya.

Dari hasil pencariannya diketahui jika batik sangat berkembang di Pulau Jawa yang telah diakui oleh UNESCO merupakan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Instagramnya pun dipenuhi oleh komentar netizen Indonesia yang menjelaskan jika batik bukanlah dari Malaysia tapi dari Indonesia, dan orang Malaysia hanya mengklaimnya saja.

Sebelumnya, Ishowspeed berkeliling sekitar Malaysia sambil mencicipi kuliner sekitar sambil diikuti oleh beberapa penggemarnya.

Warga Malaysia lainnya memberikan bendera Malaysia dan sekotak nasi lemak pada Ispeedshow sambil mengatakan itu adalah makanan khas Malaysia.

Namun Ishowspeed merasa kepedesan saat mencicipinya dan segera meminum air mineral.

Video berjudul irl stream in Malaysia itu saat ini sudah ditonton 8,48 juta orang dan disukai oleh 271.000 orang.

Dilansir dari Wikipedia, Darren Watkins Jr, lebih dikenal dengan sebutan IShowSpeed atau Speed, adalah seorang YouTuber, dan penyiar daring asal Amerika Serikat. Dia dikenal karena variasinya dalam siaran langsung, di mana dia memainkan berbagai permainan video seperti Roblox, Fortnite, dan FIFA. 

Lahir dan dibesarkan di Cincinnati, Ohio, Watkins mendaftarkan kanalnya "IShowSpeed" pada tahun 2017, terutama memposting gim video. Dari tahun 2021 hingga 2022, ia mulai mendapatkan popularitas besar karena peredaran klip yang menarik perhatian dari siaran langsungnya di platform media sosial. Pada tahun 2022, dia dinobatkan sebagai Breakout Streamer of the Year di Streamy Awards ke-12.

 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro