Tips menjaga hidup sehat, agar tidak terkena kanker/Australian Senior
Health

Tips Sehat agar Terhindar dari Penyakit Kanker

Redaksi
Senin, 23 September 2024 - 16:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki pola hidup yang sehat dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh agar dapat terhindari dari berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Dilansir dari Siteman Cancer Center, Senin (23/9/2024), salah satu cara untuk mencegah kanker yakni menjaga berat badan tetap stabil dan melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, kurangilah mengonsumsi makanan berperisa dan berwarna.

Simak 8 tips sehat agar terhindari dari penyakit kanker:

1. Jaga berat badan

Menjaga berat badan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk menurunkan risiko 13 jenis kanker. Jika Anda kelebihan berat badan, fokuslah untuk tidak menambah berat badan lagi dan kurangi beberapa kilogram berat badan Anda.

Anda dapat sesuaikan aktivitas fisik Anda agar dapat lebih banyak bergerak. Selain itu, konsumsilah makanan yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh, serta pilih porsi makanan yang lebih kecil dan rendah gula. 

2. Olahraga secara teratur

Penting untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih aktivitas yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berkebun, atau pun menari. Biasakan berolahraga di waktu yang sama setiap hari. 

3. Jangan merokok

Tembakau menyebabkan banyak jenis kanker beserta dengan masalah serius lainnya. Jika Anda merokok atau menggunakan tembakau kunyah, berhentilah mulai sekarang karena berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda.

4. Makan makanan yang sehat

Fokuslah untuk mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bjian utuh. Kurangi juga konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, daging merah, daging olahan, dan makanan cepat saji.

Mulailah untuk banyak mengonsumsi daging ayam atau pun ikan dan hidangan yang dibuat dengan minyak zaitun, yang kaya akan lemak sehat.

5. Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terkena enam jenis kanker yang berbeda. Hanya dengan ½ hingga 1 minuman sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan usus besar. Akan lebih baik bila Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

6. Lindungi diri anda dari paparan sinar matahari 

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, termasuk melanoma. Kerusakan kulit dapat dimulai sejak masa kanak-kanak. Jadi, sangat penting untuk melindungi anak-anak dari paparan sinar matahari yang berlebih.

Hindari sinar matahari secara langsung antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau SPF yang lebih tinggi. 


7. Lindungi diri anda dari infeksi menular seksual

Penyakit menular seksual, seperti Human Papillomavirus (HPV), Hepatitis, dan HIV dapat menyebabkan sejumlah kanker yang berbeda. Penting juga untuk mengikuti rekomendasi vaksin HPV untuk anak-anak dan orang dewasa.

Anak laki-laki dan perempuan dapat divaksinasi dari usia 9 hingga 12 tahun untuk mencegah kanker di kemudian hari. Namun, pada umumnya vaksin ini direkomendasikan untuk usia 26 tahun hingga 45 tahun.

8. Lakukan tes skrining

Beberapa tes skrining dapat mendeteksi kanker sejak dini saat kanker masih dapat diobati dan tes lainnya dapat membantu mencegah kanker sejak awal. Anda dapat lakukan tes skrining pada usia berikut:

- Usia 21 tahun (kanker serviks)

- Usia 40 tahun (kanker payudara dan kanker prostat)

- Usia 45 tahun (kanker usus besar dan kanker prostat)

- Usia 50 tahun (kanker paru-paru)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro