Manfaat kacang pistachio
Health

8 Kacang-kacangan dan Biji-bijian Kaya Protein, Ampuh Turunkan Berat Badan

Mutiara Nabila
Sabtu, 5 Oktober 2024 - 19:15
Bagikan

5. Biji labu

Biji labu mengandung banyak protein, dengan satu sendok makan mengandung 1 gram protein, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral, sehingga menjadikannya salah satu biji yang paling bergizi. 

Biji labu dapat membantu Anda merasa kenyang, sehingga membantu menurunkan berat badan. Selain itu, biji labu juga kaya akan Zinc, yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan metabolisme. 

Selain itu, biji labu juga mengandung antioksidan, yang melindungi sel-sel Anda dari penyakit. Biji labu bisa dinikmati dengan cara dipanggang sebagai camilan, atau taburkan di atas sup dan salad.

6. Flax seed/Biji rami

Meskipun tak begitu populer di Indonesia, biji rami atau flax seed terkena karena kandungan seratnya, dan tentu saja juga kandungan proteinnya. 

Dengan sekitar 1,3 gram protein per sendok makan, biji rami juga mengandung asam lemak omega-3 dan lignan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Serat dalam biji rami dapat mendukung pencernaan dan membantu mengatur kadar gula darah, dua hal yang penting untuk menurunkan berat badan. Anda dapat menambahkan biji rami ke dalam smoothie, berbagai makanan, atau bahkan sebagai camilan.

7. Biji chia 

Biji chia mungkin berukuran kecil, tetapi mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, serat, dan asam lemak omega-3. Dengan sekitar 2 gram protein per sendok makan, biji chia sangat cocok untuk yang ingin menjaga berat badan. 

Biji chia menyerap banyak air, dapat mengembang di perut dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan sepanjang hari. 

Campurkan ke dalam yoghurt, buat puding biji chia, atau tambahkan ke dalam smoothie untuk meningkatkan asupan protein Anda.

8. Kuaci/Biji bunga matahari

Satu sendok makan biji bunga matahari mengandung 2 gram protein, yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk camilan. 

Biji bunga matahari juga mengandung banyak lemak sehat dan vitamin E, yang dapat mendukung kesehatan kulit dan mengurangi peradangan.  

Berkat lemak sehat dan kandungan antioksidannya, biji bunga matahari juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gula darah.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro