Perempuan mengalami PCOS/Shutterstock.com
Health

Waspada Konsumsi Gula, Timbulkan PCOS Pada Wanita

Redaksi
Senin, 14 Oktober 2024 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Polycystic Ovarian Syndrome atau yang biasa disebut dengan PCOS merupakan sindrom hormonal yang umum terjadi pada wanita. Biasanya sindrom ini ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur atau tidak menstruasi sama sekali.

Perempuan yang mengalami PCOS biasanya memiliki kista dalam ovariumnya yang disebabkan oleh produksi hormon androgen yang berlebihan.

Dilansir dari Healthline, Senin (14/10/2024), antara 33 hingga 83 persen wanita yang mengalami PCOS dipengaruhi oleh obesitas yang diikuti gejala umum seperti jerawat dan hirsutisme (rambut berlebih). 

Belum diketahui secara spesifik penyebab dari PCOS, tetapi ada beberapa faktor yang diduga sebagai pemicu terjadinya PCOS pada wanita, salah satunya kelebihan hormon insulin.

Hormon insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan metabolisme tubuh. Kelebihan hormon insulin inilah yang dapat mempengaruhi produksi hormon androgen yang berlebihan. 

Kelebihan hormon insulin juga menyebabkan seseorang memiliki resistensi insulin, di mana artinya orang tersebut tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif.

Orang-orang yang menderita PCOS menyampaikan diet diiringi pola hidup yang sehat dapat membantu mengelola gejala-gejala dari PCOS. 

Ini langkah-langkah diet dan perawatan diri bagi para penderita PCOS:

1. Hindari karbohidrat dan gula

Mengonsumsi karbohidrat olahan seperti roti, pasta, dan cemilan manis dapat menyebabkan lonjakan cepat kadar gula darah sehingga dapat mengganggu insulin.

2. Hindari makanan olahan dan lemak

Makanan olahan seringkali mengandung lemak berbahaya yang dapat memperburuk gejala PCOS

3. Hindari Minuman berkafein tinggi

Kafein dapat mempengaruhi produksi hormon dan dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang mempengaruhi gejala PCOS. Mengurangi asupan kopi menjadi salah satu cara untuk menangani gejala PCOS.

4. Hindari minyak dan lemak yang diolah secara berlebihan

Minyak sayur olahan, seperti minyak jagung dan minyak kedelai mengandung lemak trans dan asam lemak omega-6 yang tidak sehat.

5. Fokuslah untuk makan-makanan:

- Protein hewan murni

- Kacang-kacangan dan biji-bijian

- Ikan dan kerang

- Telur

- Buah rendah gula (alpukat dan zaitun)

- Daging tanpa kulit (ayam)

- Karbohidrat rendah pati (oatmeal, gandum utuh, dan beras merah)

(Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro