Suasana pertokoan di wilayah Tokyo, Jepang. Dok. Freepik
Travel

Ini 10 Negara dengan Skor IQ Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Mutiara Nabila
Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mengetahui skor IQ sangat penting karena bisa menjadi indikator penting dari kesuksesan suatu negara. Hal ini juga akan tercermin dari negara yang menginvestasikan pendidikan pada masyarakatnya.

IQ adalah kemampuan nalar seseorang dalam memecahkan masalah, kecerdasan belajar, memahami gagasan, berpikir, dan merencanakan sesuatu. 

Menemukan 10 negara teratas dengan IQ tertinggi merupakan tantangan karena berbagai faktor. Dilansir Worldwide IQ Test pada Jumat (18/10/2024), menunjukkan negara-negara Asia memimpin dalam hal tingkat kecerdasan.

Berikut ini negara dengan rata-rata skor IQ tertinggi pada 2024:

1. JEPANG 

Jepang memimpin dunia dengan skor IQ 112,30. Negara ini terkenal dengan keterampilan pemecahan masalah yang kuat dan teknologi canggih dalam bidang elektronik dan kendaraan.

2. HUNGARIA

Hungaria menempati peringkat kedua secara global dengan IQ 110,23. Sistem pendidikannya yang kuat dan bahasanya yang unik berkontribusi pada tingginya kecerdasan penduduknya.

3. TAIWAN 

Taiwan mendapat skor 111,19, menempati posisi ketiga. Kemajuan negara ini di pasar semikonduktor mencerminkan kecerdasan warga negaranya dan kontribusi mereka terhadap teknologi

4. ITALIA 

Italia berada di urutan keempat dengan IQ 110,83. Dikenal dengan keahlian teknis dan kemampuan matematikanya, Italia telah melahirkan banyak orang jenius dalam sejarah seperti Galileo dan Leonardo Da Vinci.

5. KOREA SELATAN

Korea Selatan berada di posisi berikutnya dengan rata-rata skor IQ 110,80 dan menempati peringkat kelima. Negara ini memprioritaskan keunggulan akademis, mendorong warga negaranya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka

6. SERBIA 

Serbia dengan skor rerata skor IQ 110,60 menempati urutan keenam. Negara ini diakui atas pencapaian intelektualnya dan memiliki sistem pendidikan yang kuat

7. IRAN 

Iran berada di urutan ketujuh dengan skor 110,27. Negara ini memiliki prestasi luar biasa dalam bidang matematika, ditandai dengan talenta-talenta muda yang meraih nilai tinggi dalam tes IQ

8. FINLANDIA 

Finlandia menempati peringkat kedelapan dengan IQ 109,60. Sistem pendidikannya yang kuat dan guru-gurunya yang terlatih berkontribusi terhadap tingginya kecerdasan masyarakatnya.

9. HONG KONG 

Hong Kong mendapat skor 109,57, menempati posisi kesembilan. IQ-nya yang tinggi disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan kaya yodium dan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang sangat baik

10. VIETNAΜ

Vietnam menempati posisi kesepuluh dengan skor IQ 108,82. Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut dan menunjukkan kinerja pendidikan yang kuat.

Lantas di mana posisi Indonesia?

Berdasarkan data tersebut, sayangnya, di antara negara-negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-96 dari 110 negara yang terlacak dengan rata-rata skor IQ 93,95. Peringkat tersebut masih berada di atas Thailand dan Laos untuk negara lain di Asia.

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro