Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Studi: Rutin Makan Telur Bisa Bikin Otak Lebih Sehat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 September 2024 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian baru-baru ini menyarankan konsumsi telur untuk mencegah penurunan kognitif.

Penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Nutrients, menemukan hubungan antara konsumsi telur dan memori semantik serta fungsi eksekutif yang lebih baik pada wanita.

“Literatur sebelumnya mengenai hubungan kadar kolesterol makanan dengan fungsi kognitif tidak konsisten dengan beberapa penelitian yang menunjukkan efek negatif, penelitian lain menunjukkan efek positif, dan penelitian lainnya tidak menunjukkan efek apa pun,” Donna Kritz-Silverstein, PhD, peneliti utama studi tersebut dan peneliti utama studi tersebut. profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas California San Diego, dilansir dari health.com.

Untuk menguji pengaruh telur terhadap fungsi kognitif, para peneliti mengambil data dari 890 orang dewasa (357 laki-laki dan 533 perempuan) yang berpartisipasi dalam Studi Rancho Bernardo, sebuah studi kohort observasional berbasis komunitas jangka panjang. Semua peserta berusia di atas 55 tahun, dan usia rata-rata adalah antara 70 dan 72 tahun.

Asupan telur peserta dinilai antara tahun 1988 dan 1991 melalui kuesioner frekuensi makanan. Para peneliti juga memberikan tes kinerja peserta antara tahun-tahun tersebut untuk memeriksa fungsi kognitif global, seperti bahasa, orientasi, perhatian, ingatan, fungsi eksekutif, fleksibilitas mental, dan pelacakan visuomotor. Keterampilan tersebut dinilai kembali antara tahun 1992 dan 1996, dengan rata-rata waktu antar kunjungan adalah sekitar empat tahun.

Para peneliti menemukan bahwa 14% pria dan 16,5% wanita dilaporkan tidak pernah makan telur. Sebaliknya, 7% pria dan hampir 4% wanita melaporkan mengonsumsi telur lebih dari lima kali seminggu.

Secara umum, laki-laki memiliki tingkat konsumsi telur yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, dan lebih cenderung mengonsumsinya dua hingga empat kali atau lebih dari lima kali dalam seminggu. Wanita lebih cenderung tidak makan telur atau makan satu hingga tiga butir per bulan.

Setelah disesuaikan dengan pilihan gaya hidup, diagnosis medis, dan asupan protein, kalori, dan kolesterol, bukti menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak telur mengalami lebih sedikit penurunan skor kelancaran, yang menilai memori semantik dan fungsi eksekutif.

Dengan setiap peningkatan konsumsi telur, kemungkinan seorang wanita mengalami penurunan kognitif menurun sebesar 0,1. Dengan kata lain, wanita yang makan telur lebih dari lima kali seminggu mengalami penurunan kefasihan kategori setengah poin lebih sedikit selama empat tahun dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi telur.

Meskipun para ilmuwan tidak menemukan hubungan serupa pada pria, “baik bagi pria maupun wanita, konsumsi telur tidak dikaitkan dengan penurunan kinerja kognitif apa pun yang kami gunakan, menunjukkan bahwa asupan telur mungkin memiliki peran dalam pemeliharaan fungsi kognitif. Kata Kritz-Silverstein.

Meskipun para peneliti tidak dapat menjelaskan perbedaan yang terlihat antara pria dan wanita, Kritz-Silverstein mengatakan bahwa hal tersebut mungkin disebabkan oleh tingkat diabetes yang berbeda-beda, tingkat pendidikan, olahraga, merokok, dan konsumsi alkohol antara kedua jenis kelamin.

“Generalisasi hasil penelitian mungkin terbatas karena homogenitas peserta Studi Rancho Bernardo yang sebagian besar berkulit putih, berpendidikan tinggi, dan mampu mengakses perawatan medis,” kata Kritz-Silverstein.

Namun, penelitian ini mencatat bahwa homogenitas ini dapat menggambarkan bahwa faktor-faktor seperti budaya, pendidikan, kemampuan untuk membayar perawatan medis, dan pilihan gaya hidup cenderung tidak mempengaruhi hasil tersebut.

Penelitian ini juga mengandalkan informasi yang dilaporkan sendiri, yang kemungkinan besar tidak akurat, dan tidak mengeksplorasi mekanisme di balik bagaimana telur dapat bermanfaat bagi kognisi meskipun penelitian tersebut mencatat bahwa telur mengandung beberapa nutrisi yang diketahui mendukung kesehatan otak, seperti protein, kolin, dan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin.

Penelitian di masa depan mengenai manfaat kognitif telur harus mencakup pencitraan untuk menunjukkan apakah kinerja kognitif konsisten dengan perubahan yang diamati di otak, kata Kritz-Silverstein.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro