Pneumonia alias paru-paru basah/ayosehatkemkes
Health

5 Obat Alami Untuk Meredakan Asma, Kopi Salah Satunya

Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 - 11:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asma merupakan penyakit kronis yang menyebabkan peradangan atau penyempitan pada saluran pernapasan.

Saluran pernapasan pada penderita asma rentan lebih sensitif terhadap berbagai rangsangan, termasuk alergen, udara dingin, polusi udara, dan aktivitas fisik.

Ketika terpapar oleh rangsangan tersebut, saluran pernapasan mengalami peradangan yang menyebabkan pembengkakan dan produksi lendir berlebih, serta otot-otot di sekitar saluran napas menjadi lebih sempit.

Akibatnya, aliran udara terbatas yang mengakibatkan gejala seperti sesak napas, batuk, dan mengi. Asma dapat memengaruhi orang dari segala usia serta tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Dengan pengelolaan yang tepat, penderita asma dapat menjalani kehidupan yang aktif dan sehat.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan (25/10/24), penyakit asma dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti, faktor genetik dan faktor lingkungan.

Pada faktor genetik, riwayat keluarga dengan penyakit asma dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terpapar penyakit serupa. Jika salah satu atau kedua orang tua memiliki asma, kemungkinan anak atau keturunannya mengalami asma juga lebih tinggi.

Pada faktor lingkungan, paparan terhadap alergen atau zat-zat iritan tertentu dapat memicu reaksi asma. Alergen umum yang bisa memicu asma meliputi serbuk sari, bulu binatang, debu rumah, tungau debu, jamur, dan serbuk kayu. Selain itu, polusi udara, asap rokok, dan bahan kimia tertentu juga dapat menjadi pemicu asma.

Meski tidak dapat disembuhkan, asma dapat diredakan dengan berbagai obat tradisional bahkan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Obat asma alami mampu meredakan asma dengan berbagai cara, mulai dari mengurangi peradangan di saluran pernapasan, melebarkan saluran napas, hingga menjaga keseimbangan bakteri di lambung.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut beberapa obat asma alami 

1. Kopi

Kopi dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan asma yang diperoleh dari kandungan kafein di dalamnya. Oleh karena itu pilihlah jenis kopi yang mengandung kafein, seperti kopi hitam atau kopi putih.

Kafein dapat melebarkan saluran pernapasan, sehingga udara dapat mengalir lebih lancar. Efek kopi sebagai obat asma alami ini menyerupai teofilin dan bisa bertahan hingga 4 jam.

2. Jahe

Manfaat jahe sebagai obat asma alami didukung oleh sifat antiradang yang terdapat di dalamnya. Sifat antiradang pada jahe didapatkan dari senyawa gingerol, shogaol, dan paradol.

Tidak hanya mengurangi peradangan di saluran napas, jahe juga diketahui bermanfaat untuk melemaskan otot trakhea. Dengan begitu, saluran pernapasan akan melebar dan aliran udara menjadi lebih lancar.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai obat asma alami, Anda bisa membuat wedang jahe dengan merebus 1 ruas jahe yang telah dimemarkan hingga mendidih, lalu meminumnya saat sudah dingin.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antiradang. Berkat kandungan tersebut, bawang putih kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit peradangan, salah satunya adalah asma.

Cara mengolah obat bawang putih tidaklah sulit. Anda cukup merebus beberapa siung bawang putih hingga mendidih, lalu minumlah air rebusannya ketika sudah dingin.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam masakan untuk mendapatkan manfaatnya dalam meredakan asma.

4. Bawang Merah

Selain bawang putih, Anda juga bisa memanfaatkan bawang merah sebagai cara lain untuk mengobati asma secara alami. Bawang merah diketahui mengandung antioksidan tinggi, yang termasuk vitamin C, sulfur, serta quercetin dan anthocyanin cyanidin.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dimuat dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences menyebutkan bahwa semua jenis antioksidan ini saling bekerja sama mengurangi efek peradangan dalam tubuh. Efek ini diketahui dapat membantu melebarkan bronkus.

Selain itu, kandungan antiradang, antioksidan, antibakteri, dan antivirus dari bawang merah juga diketahui mampu membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik dalam melawan infeksi yang berhubungan dengan masalah paru-paru dan pernapasan.

5. Madu

Selain bermanfaat sebagai obat flu alami, madu juga berkhasiat sebagai obat asma alami. Manfaat ini diperoleh dari sifat antiradang dalam madu yang dapat meningkatkan fungsi pernapasan, terutama paru-paru, serta meredakan gejala dan frekuensi kekambuhan asma.

Konsumsilah 2 sendok makan madu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya sebagai obat alami asma. Anda juga mencampurkan madu ke dalam obat asma alami lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro