Ilustrasi/Galleryhip
Relationship

Tips Menghadapi Perlakuan Tak Adil di Kantor

Andhina Wulandari
Kamis, 18 Desember 2014 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Perlakuan tidak adil di kantor bisa menyebabkan Anda malas bekerja dan tidak termotivasi. Jika Anda tidak bisa menghentikan perlakuan tersebut sendirian, maka Anda harus minta bantuan atasan dan pihak manajemen perusahaan.

Untuk mengetahui cara menghadapi perlakuan tak adil di kantor, coba simak dulu beberapa tips berikut ini.

Tipe perlakuan

Perlakuan tidak adil di tempat kerja bisa merupakan hasil dari perilaku seorang rekan kerja atau bahkan manajer. Seorang rekan kerja bisa saja berlaku tidak adil dengan tidak mengikutsertakan Anda dalam kegiatan sesama kolega, bergosip tentang Anda, melecehkan Anda secara seksual, atau mengeluhkan Anda di depan atasan.

Sementara itu, manajer atau atasan bisa berpartisipasi dalam perlakuan tidak adil dengan menahan promosi Anda, memecat tanpa alasan jelas, tidak menawarkan proyek penting, menjadikan Anda bahan lelucon, atau menjatuhkan Anda dalam hal pekerjaan.

Apa pun itu, diperlakukan berbeda dengan orang lain di kantor bisa menyebabkan stres dan rasa rendah diri sehingga mempengaruhi performa serta produktivitas kerja.

Jika pelakunya sesama rekan kerja

Temui rekan kerja secara pribadi, jelaskan bahwa Anda merasa diperlakukan tidak adil dan minta dia untuk menghentikannya. Dia bisa saja merasa tersinggung. Di sinilah Anda harus sudah mempersiapkan bukti-buktinya. Catat kapan saja dia memberikan perilaku tidak adil tersebut. Namun jika perilaku itu berlanjut, maka sebaiknya laporkan ke bagian SDM.

Jika pelakunya adalah atasan

Anda tidak bisa langsung mengungkapkan kekesalan pada atasan, karena hal itu malah bisa menjadi bumerang. Tapi setidaknya catat setiap kali Anda merasa diperlakukan tidak adil. Bicarakan hal itu pada rekan kerja senior atau jika ada atasan Anda yang lain, yang kira-kira bisa dipercaya. Minta solusi pada mereka dan ungkapkan perlakuan tak adil yang selama ini Anda rasakan.

Jangan emosi

Apa pun langkah yang Anda lakukan, apakah itu berbicara langsung atau melaporkan ke bagian SDM, jangan sampai terlihat emosional. Kemarahan yang meledak-ledak hanya akan membuat Anda tidak dianggap profesional. Karena itu, tenangkan diri Anda dulu dan hadapi masalah dengan kepala dingin. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Korea Utara di Balik Ancaman Serangan Siber Film The Interview

6 Cara Membuat Mata Anda Terlihat Lebih Muda dan Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Chron/Jobacle
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro