The Hobbit: The Battle of The Five Armies/Warnerbros
Entertainment

Akhir Epik dari Petualangan Hobbit di The Battle of The Five Armies

News Editor
Senin, 22 Desember 2014 - 07:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- "Jangan meremehkan jahatnya emas," ujar Penyihir abu-abu, Gandalf, sebelum terjadinya Pertempuran Lima Tentara/"Battle of Five Armies".

Penggalan terakhir dari trilogi film "The Hobbit", sesuai dengan judulnya "The Battle of Five Armies", menunjukkan serangkaian kisah peperangan dan pertikaian yang membuat penonton (yang tentu saja bila memahami dan menggemari kisah JRR Tolkien ini) menahan napas sejak menit pertama.

Awal dari film yang disutradarai dengan sangat apik Peter Jackson itu membuka dengan seekor naga, Smaug, yang menyerang dan meluluhlantakkan desa nelayan, Laketown, yang dihuni etnis Manusia (salah satu dari banyak ras dalam kisah The Hobbit, di samping Peri, Kurcaci, Orc, dan Elang).

Ketika para penduduk Laketown kacau balau dan berupaya melarikan diri, terlihat bahwa sang Kepala Desa berupaya menyelamatkan dirinya sendiri dan harta para penduduk yang dikumpulkan di dalam sekocinya yang dipakai untuk melarikan diri dari desa.

Bilbo Haggins (yang diperankan oleh Martin Freeman) merupakan tokoh utama dari trilogi film "The Hobbits", yang dimulai dari "An Expected Journey" (2012), "The Desolation of Smaug" (2013), dan tentu saja berakhir dengan "Battle of Five Armies" (2014).

Dari kisah di film-film sebelumnya, diketahui bahwa Bilbo merupakan Hobbit paruh baya yang diajak oleh sang penyihir Gandalf (Ian McKellen) untuk turut serta dalam ekspedisi gerombolan Kurcaci yang dipimpin Thorin (Richard Armitage).

Thorin sendiri bukanlah seorang Kurcaci biasa, tapi merupakan pewaris dinasti kerajaan Kurcaci yang kakeknya, Thror, merupakan penguasa Erebor sebelum akhirnya jatuh ke tangan Smaug (suara sang naga diisi Benedict Cumberbatch).

Dengan menguasai kembali Erebor, Thorin juga menguasai timbunan emas yang luar biasa besarnya di dalam istana di perut gunung tersebut. Namun hal itu juga membuatnya kemaruk.

Film "Battle of Five Armies", seperti trilogi Hobbit dan juga trilogi The Lord of The Rings, lagi-lagi menampilkan sinematografi yang menawan, mulai dari penggambaran Longlake di tengah danau, penampilan pegunungan Erebor yang diukir seperti istana, hingga pemandangan alam yang sedap dipandang mata.

Sebagaimana diketahui, trilogi Hobbit dan Lord of The Rings difilmkan di Selandia Baru, yang memiliki banyak tempat wisata alam yang memukau. Selandia Baru juga merupakan tempat asal dari sang sutradara, Peter Jackson.

Tidak mengherankan pula, bila saat ini salah satu tujuan pariwisata yang terkenal di Negeri Kiwi itu adalah "Hobbiton Tours", yang menampilkan setting desa Hobbit yang juga terdapat dalam dua trilogi tersebut.

Sang sinematografer, Andrew Lesnie, juga merupakan peraih penghargaan Sinematografi terbaik dalam Academy Award untuk film "The Lord of The Rings: The Fellowship of The Rings", dan peraih BAFTA Award untuk "The Lord of The Rings: The Return of the King".

Dua penghargaan tersebut tentu saja merupakan penghargaan yang diakui di tingkat global, di mana Academy Award adalah penghargaan tertinggi perfilman di Amerika Serikat, dan BAFTA merupakan penghargaan tertinggi perfilman di Inggris. Lesnie sendiri merupakan warga negara Australia.

Untuk penuturan dongeng Hobbit dan Lord of The Rings itu sendiri, juga diketahui merupakan gubahan karya dari penulis terkenal asal Inggris, JRR Tolkien.

Pengalaman Tolkien yang mengikuti ajang Perang Dunia I serta kekayaannya akan mitologi Eropa juga berhasil membawakan sebuah kisah dongeng yang kaya akan detail.

Ajang peperangan, yang ditunjukkan sangat ditonjolkan dalam "The Battle of Five Armies", juga merupakan hasil penggambaran simbolik dari berbagai negara yang bertarung memperebutkan kawasan dan ambisi duniawai sebagaimana yang terjadi saat Perang Dunia pada abad ke-20.

Secara keseluruhan, film "The Battle of Five Armies" berakar dari kisah yang apik dari Tolkien, yang dibawa ke layar lebar dengan penyutradaan yang gemilang dari Jackson dan sinematografi yang memukau dari Nielsen yang memanjakan mata penonton bioskop.

Dari sisi moralnya, layaklah disampaikan bahwa peperangan yang terjadi (baik di Middle-Earth versi Tolkien maupun di bumi ciptaan Tuhan ini), kerap terjadi hanya karena ambisi duniawi yang sebenarnya tidak layak menjadi dasar dari sebuah pertikaian. (Antara)

 

BACA JUGA:

Tips Makeup Cepat dalam Waktu 10 Menit

4 Olahraga Seksi untuk Panaskan Kehidupan Bercinta Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro