Obat/oposingview.com
Health

Obat Kedaluwarsa: Ini Tips Mengetahui Obat Kedaluwarsa

Newswire
Sabtu, 23 Mei 2015 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Jawa Barat, segera memusnahkan barang bukti obat kedaluwarsa yang diungkap Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota.

"Kepolisian sudah berkoordinasi dengan kami perihal pemusnahan barang bukti obat-obatan kedaluwarsa tersebut," kata Pelaksana Pengawas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kota Bekasi M Miftahul di Bekasi, Jumat (22/5/2011).

Menurut dia, tindakan Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota berkoordinasi dengan Dinkes merupakan hal yang tepat.

"Pemusnahannya ada tata cara tertentu, karena jika dilakukan sembarangan tanpa prosedur bisa mencemari lingkungan," katanya.

Dikatakan, pemusnahan harus dilakukan sesegera mungkin demi alasan mengantisipasi jatuh ke tangan yang salah dan disalahgunakan.

Menurut dia, konsumsi obat kedaluwarsa berbahaya bagi tubuh dengan efek paling cepat yang bisa dirasakan ialah gangguan pencernaan.

"Bila sudah demikian, tentu harus dihentikan, karena jika dilanjut terus-menerus, dampaknya bisa lebih berbahaya.”

Menurut Miftahul, pencantuman tanggal kedaluwarsa pada obat tidak dilakukan sembarangan, melainkan sudah berdasarkan perhitungan ilmiah.

"Jadi, begitu lewat tanggal kedaluwarsa, kadar, kualitas, dan kemanfaatan sebuah obat akan berkurang.”

Tips

Dia pun memberi tips untuk mengetahui obat kedaluwarsa.

Untuk obat yang berupa sirop, manakala sudah kedaluwarsa cairannya tidak jernih lagi. Terkadang ada gumpalan yang mengambang di permukaannya.Sementara obat yang berupa tablet, akan terlihat bintik-bintik hitam atau kecoklatan.

Sebelumnya Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota mengamankan seseorang yang diduga menimbun 1.560 botol, 19.000 butir, dan 306.000 tablet obat kedaluwarsa.

Tersangka mengakui obat-obatan kedaluwarsa tersebut sebagai stok yang tak terjual saat memutuskan menutup usaha toko obat di Pasar Proyek 2,5 tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro