Ilustrasi-Tenun/Antara
Entertainment

Au Lorun Tayang Perdana di Plaza Indonesia Film Festival

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 26 Mei 2015 - 20:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Film dokumenter berjudul Au Lorun atau Aku Menenun tayang perdana di Plaza Indonesia Film Festival.

Film yang judulnya diambil dari Bahasa Timor itu bercerita tentang empat perempuan penenun di Sanggar Lepo Lorun, Maumere, Nusa Tenggara Timur. Melalui film ini, ditunjukkan bagaimana rumitnya proses pembuatan kain tenun ikat yang menghiasi acara peragaan busana.

Tak saja soal kain tenun yang menjadi warisan budaya, melainkan soal penenun yang turut menjadi penyokong ekonomi keluarga. Selain itu, diceritakan pula bagaimana posisi kain tenun yang bisa membentuk karakter perempuan penenun dan menjadi tolok ukur pendewasaan diri.

Alonsa Horeng, Mama Gonda, Mama Elizabeth, dan Memi yang menjadi guru menceritakan kain tenun ikat dari sudut pandang mereka masing-masing.

Sutradara Dodid Wijanarko mengemas film dokumenter dengan suasana keluarga dan alam Maumere, Nusa Tenggara Timur. Turut menggiring keempat tokoh sentral dalam film ini, model Mesty Ariotedjo yang pernah merasakan tinggal di tanah NTT.

Mesty pun hadir mewakili sudut pandang masyarakat urban yang jauh dari kehidupan di NTT. Menyelami bahwa indahnya kain tenun tak seperti kehidupan para penenun.

"Saya berharap dengan hadirnya Mesty menjadi mata awam melihat tenunan Flores. Tapi kehidupan penenun tidak sebagus hasil tenunannya," ujarnya dalam konferensi pers PIFF di XXI Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Film lain yang bisa disaksikan yaitu Two Days, One Night pada Selasa (26/5/2015) pukul 17.00 dan pada Jumat (29/5/2015) pukul 21.00; The Last Five Years pada Rabu (27/5/2015) pukul 19.00 dan Selamat Pagi, Malam pukul 21.00; 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita pada Kamis (28/5/2015) pukul 19.00 dan Siti pukul 21.00 serta Jumat (29/5/2015) pukul 19.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro