Sutradara Joko Anwar mengangkat piala citra dalam Malam Puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2015, di Banten, Senin (23/11)./Antara
Entertainment

Joko Anwar Buktikan Bikin Film Itu Tak Harus Duit Banyak

Newswire
Kamis, 21 Januari 2016 - 09:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Modal besar dan peralatan canggih bukan syarat utama untuk membuat film, kata sutradara Joko Anwar. 

Joko membuat film terbarunya "A Copy of My Mind" (ACOMM), dengan dana terbatas yang disebut "supermikro".

"Nggak perlu nunggu duit banyak dan peralatan canggih, asal ada niat dan teman sejiwa, bisa bikin apa saja," kata Joko dalam peluncuran video musik soundtrack "A Copy of My Mind" di Jakarta, Rabu (20/1/2016) malam.

Dengan uang Rp150 juta, dia menggarap film berbekal niat dan dukungan dari teman-temannya. Rooftop Sound membuat sekitar 70 musik untuk film tersebut.

Film yang masuk seleksi Festival Film Internasional Rotterdam 2016 itu berbeda dari film garapan Joko sebelumnya. 

Tidak ada music score, karena Joko ingin membuat ACOMM terlihat realistis, tidak seperti sebuah film yang mengalunkan soundtrack di adegan-adegan tertentu.

Bukan berarti sutradara terbaik Festival Film Indonesia 2015 itu sama sekali tidak memasukkan musik. 

Untuk membuat suasana hiruk pikuk di setiap sudut Jakarta terasa kental, Rooftop Sound membuat ragam lagu, mulai dari slow rock, lagu Manado, lagu China hingga dangdut koplo. 

Puluhan musik itu menjadi latar belakang dari interaksi romantis antara Sari (Tara Basro) dan Alek (Chicco Jerikho) yang menjadi korban dari drama politik Indonesia.

Misalnya adegan ketika menyusuri lorong pertokoan ITC yang tiap rukonya memasang musik hingar bingar. Setiap musik yang terdengar itulah yang harus dibuat satu per satu.

Bemby Gusti dari Rooftop Sound mengatakan, butuh segenap tenaga dari seluruh tim untuk membuat puluhan musik dalam waktu sebulan. 

"Rooftop kayak band, bikin beberapa album dengan berbagai referensi," seloroh drummer band Sore itu.

Joko Anwar meluncurkan dua video klip soundtrack ACOMM besutan Fachrul Rahman berjudul "Moon-lit Night" dan "A Copy of Your Mind" yang liriknya ditulis sendiri Joko.

"A Copy of Your Mind" dibawakan oleh Aimee Saras dan Bemby Gusti, sementara "Moon-Lit Night" diaransemen oleh Tony Merle dan dibawakan oleh The Spouse, grup yang terdiri dari pasangan suami istri Tony Merle-Aimee Saras.

"A Copy of My Mind" ditayangkan pada 11 Februari 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro