Tato/Istimewa
Health

Awas, Tinta Tato Bisa Sebabkan Kanker

JIBI
Rabu, 27 Juli 2016 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat mereka yang gemar menghiasi tubuh dengan tato, berhati-hatilah. Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa racun dalam tinta tato bisa menyebabkan kanker.

Dulu, tato identik dengan para penjahat atau preman. Sekarang, kegilaan pada tato sudah mewabah di mana-mana, mulai dari selebritas dan olahragawan kelas dunia sampai anak-anak muda di kampung-kampung.

Kini, badan yang mengatur zat kimia di Eropa atau The European Chemicals Agency (ECHA) mengingatkan tinta yang digunakan untuk menggambar tato mungkin saja beracun.

Tinta itu bisa menyebabkan banyak masalah pada kulit, seperti alergi dan gatal yang menahun dan bisa berujung kanker, serta bisa mempengaruhi kesuburan dan perkembangan janin.

ECHA segera mempublikasikan daftar zat kimia yang biasa terdapat pada tinta tato dan akan segera mengumumkan apakah jenis-jenis zat tersebut harus dilarang di seluruh Uni Eropa. Tinta merah diklaim paling berbahaya, serta warna biru, hijau, dan hitam juga berpotensi membahayakan kesehatan.

"Banyak laporan yang menunjukkan keprihatinan terhadap kesehatan masyarakat akibat komposisi tinta yang digunakan untuk tato. Kekhawatiran terbesar adalah alergi yang disebabkan oleh bahan-bahan pada tinta dan kemungkinan dampak racun pada masalah karsinogenik, mutagenik, dan reproduktif," jelas pihak ECHA.

Bila zat kimia bersifat mutagenik, maka zat itu bisa mengubah sel-sel DNA dan menyebabkan lebih banyak mutasi sel yang berakibat kanker. ECHA diminta untuk mempelajari lagi tinta tato karena penggunaannya yang disuntikkan ke dalam tubuh.

Bila peraturan soal tinta tato harus diperketat, maka prakteknya mungkin akan dilakukan dalam setahun ini. Pernyataan ECHA juga berkaitan dengan laporan bahwa sedikitnya satu dari 20 orang yang ditato mengalami masalah serius dengan kulit, seperti bengkak, gatal-gatal, dan infeksi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Bradford di Inggris menemukan fakta bahwa racun pada tinta tato bisa diserap tubuh dan menyebabkan kanker.

Menurut mereka, partikel nano pada tinta akan memasuki aliran darah dan makin menumpuk di limpa dan ginjal sehingga mengganggu kemampuan tubuh untuk menyaring zat-zat berbahaya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro