Gejala kanker ovarium10/boldsky.com
Health

Deteksi Kanker: Perhatikan 5 Sinyal dari Tubuh

Juli Etha Ramaida Manalu
Kamis, 9 Februari 2017 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sejak lama, penyakit kanker telah dinobatkan sebagai salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Sementara di Indonesia sendiri, seperti diberitakan Bisnis.com, Selasa (11/11/2016) epanjang 2016 jumlah penderita kanker diprediksi mencapai angka 350.000 orang

Salah satu hal yang membuat kanker begitu mematikan adalah kurangnya kesadaran atau tindakan deteksi dini.

Menurut Ketua Yayasan Kanker Indonesia dr. Aru Wisaksono Sudoyo dan Ketua Bidang Sosial Yayasan Kanker Indonesia dr. Sonar Soni Panigoro 70% pasien kanker di Indonesia baru mendatangi dokter ketika penyakit mereka sudah berada pada stadium tiga atau empat.

Hal inilah yang memperkecil angka kesempatan hidup para penderita kanker.

“Sebisa mungkin kanker ditemukan dalam stadium lebih dini, Karena kalau di stadium satu dan dua harapan hidup bisa sampai 90%, sementara untuk stadium tiga dan empat itu sudah jadi 20% atau 30%,” kata Aru Wisaksono.

Untuk bisa mendeteksi tanda-tanda kanker secara dini, setiap orang haruslah selalu memperhatikan perubahan yang terjadi pada dirinya dan orang di sekitar, khususnya keluarga.

Adapun sejumlah tanda-tanda yang perlu diwaspadai atau dianggap sebagai sinyal berupa lampu kuning yang ditunjukkan oleh tubuh yakni:

1 Penurunan berat badan

Penurunan berat badan secara drastis tanpa adanya pengurangan jumlah asupan makanan yang sama perlu diwaspadai. Hal ini ditengarai bisa menjadi sinyal atau lampung kuning bahwa terjadi sesuatu pada tubuh anda.

2 Benjolan pada tubuh

Salah satu tanda yang paling umum terkait kemungkinan adanya kanker dalam tubuh adalah terjadinya benjolan, Namun, tidak semua benjolan mengarah pada kanker.

Adapun benjolan yang peru diwaspadai adalah benjolan yang menetap atau tidak kunjung hilang daam waktu yang lama.

3 Rasa lesu

Rasa lesu berkepanjangan bisa jadi sinyal atau pertanda bahwa tubuh anda sudah dijangkiti oleh penyakit lain dan bukan hanya sekedar merasa lesu.

“Rasa lesu dan lelah karena hb turun, kalau hb kita selalu rendah sudah harus mulai dijalankan pemeriksaan untuk cari tahu sebabnya,” sebut Aru.

4 Rasa sakit
Sinyal lain yang kemungkinan menunjukkan adanya perkembangan sel kanker dalam tubuh adalah rasa sakit atau nyeri yang konstan di satu daerah tubuh.

5 Pendarahan

Satu lagi tanda yang berpotensi menunjukkan adanya gangguan pada tubuh adalah pendarahan yang terjadi baik dari daerah yang lazim dan tidak lazim pada tubuh di saat yang tidak lazim seperti keluarnya darah dari dubur, keluarnya darah dari saluran urin khususnya bagi kaum pria dan pendarahan di luar masa haid bagi wanita.

Aru menambahkan bahwa sebenarnya sebuah sel kanker memerlukan waktu 10 hingga 20 tahun untuk bisa berubah menjadi penyakit kanker ganas yang mematikan.

Untuk itulah deteksi dini sangat diperlukan. Sebelum sel abnormal yang muncul pada tubuh dan menjadi cikal bakal kanker benar benar berkembang menjadi kanker ganas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro