Ilustrasi kanker payudara/Istimewa
Health

Tiga Langkah Penting Cegah Kanker

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 26 Januari 2018 - 13:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Kurangnya pemahaman tentang kanker menjadi salah satu masalah penting. Apalagi menurut UICC sebanyak 21,7 juta orang terkena penyakit kanker.

Kebanyakan, mereka yang terserang kanker baru terdeteksi setelah stadim lanjut. Oleh karena itu pemahaman untuk mendeteksi secara dini untuk melakukam pencegahan harus terus diupayakan.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia dr. Aru Wicaksono menyebutkan, terdapat tiga komponen penting untuk mencegah terjadinya kanker.

Pertama, menjaga berat badan tetap ideal. Dia mengatakan menjaga berat badan yang di maksud bukan berarti harus menguruskan badan. Namun, tetap menjaga supaya tidak mengalami kegemukan yang terlalu over.

Kedua, olah raga atau menjaga kebugaran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan banyak bergerak.

Ketiga, Melakukan diet atau mengatur pola makan yang sehat. Dia mengatakan apabila seseorang dapat mengatur pula makan yang sehat, seperti memperbanyak makan sayur-sayuran dapat mengurangi risiko kanker sebesar 35%.

Salah satu contoh, berdasarkan riset yang dilakukan UICC, pasien yang mengidap kanker payudara dapat mengurangi risiko terjangkitnya kembali hingga 40% dengan melakukan kegiatan fisik seperti olah raga ringan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro