Bayi dipijat./Istimewa
Health

Cek Mitos atau Bukan Soal Perawatan Kulit Bayi Di Sini

Dewi Andriani
Jumat, 31 Agustus 2018 - 21:12
Bagikan

Orang tua tentu akan sangat berhati-hati dalam melakukan perawatan pada kulit anak. Berbagai saran dari keluarga atau lingkungan kerap diikuti karena dinilai bagus untuk anak. Namun, apakah perawatan kulit dan penggunaan produk untuk kulit si kecil sudah tepat?

Berikut enam mitos perawatan kulit anak yang dikemukakan Matahari Arsy, dokter spesialis kulit dan kelamin untuk bayi dan anak:

Pertama, penggunaan sabun antiseptik. Penggunaan sabun antiseptik tersebut memang baik untuk mengurangi timbulnya bakteri. Namun, gunakan seperlunya saja. Sebab, jika terlalu sering digunakan justru akan menimbulkan iritasi.

“Senyawa kimia feno atau kresol tidak dianjurkan untuk kulit anak yang rentan iritasi. Penggunaan yang rutin tidak baik, gunakan seperlunya saja, misalnya saat anak habis bermain di tempat kotor. Pilihlah yang ringan dengan PH kulit netral, tanpa pewangi atau alkohol,” ujarnya.

Kedua, cuci tangan. Orang tua sering meminta anak untuk mencuci tangan setelah memegang berbagai benda untuk menghindari kotor apalagi jika masuk ke mulut, dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit. Padahal, cuci tangan terlalu sering ternyata dapat merusak barrier kulit.

“Kalau bukan bakteri bahaya sebaiknya tidak perlu cuci tangan karena bakteri ada juga yang tidak bahaya,” tuturnya.

Ketiga, mengoleskan minyak pada bayi. Banyak minyak yang biasanya rutin dioleskan pada bayi setelah mandi, seperti minyak telon, baby oil, serta minyak zaitun atau minyak kelapa. Penggunaan minyak pada bayi memang memiliki banyak  keuntungan seperti minyak telon untuk menghangatkan bayi.

Minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil bisa untuk melembutkan dan melembabkan kulit bayi sekaligus dapat digunakan untuk memijat bayi. Namun, jika kurang tepat memilih, justru akan memberikan efek buruk.

“Minyak olive oil atau minyak zaitun justru cenderung menyebabkan iritasi, kekeringan kulit, hingga eksem. Lebih baik pilih minyak oleh khusus bayi yang mengandung sunflower oil,” ujarnya.

Mulai Sekarang Jangan Remehkan Flu, Karena Bisa Sebabkan Kematian

Keempat, penggunaan bedak bayi. Penelitian terbaru menyampaikan banyaknya efek buruk penggunaan bedak tabur terutama untuk bayi di bawah satu tahun. Sebab, bedak tabur memiliki banyak partikel kecil yang berbahaya saat terhirup oleh bayi.

"Banyak kasus anak mengalami gangguan pernapasan karena menghirup itu. Hindarilah mengaplikasikan pada bagian leher, dada apalagi wajah," katanya.

Menurutnya, anak tak perlu diberikan bedak tabur ketika berkeringat atau ada ruam atau infeksi pada area popok. Jika memang berkeringat yang tak berlebihan, disarankan untuk memakai pelembab saja karena lebih baik untuk kulit bayi.

Kelima, penggunaan tisu basah. Memang, tisu basah memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan handuk atau kain biasa untuk kulit bayi. Namun, kandungan yang ada pada tisu basah harus benar-benar diperhatikan. Pewangi dan alkohol pada tisu basah akan menyebabkan iritasi pada bayi.

“Ada yang non alkohol tapi tetap ada kandungan yang berisiko sebabkan iritasi karena itu penggunaan tidak boleh berlebihan. Jika untuk bepergian boleh saja tapi kalau di rumah usahakan pakai kapas biasa dengan metode tepuk-tepuk,” paparnya.

Atasi Skoliosis Tanpa Operasi, Ini Caranya

Keenam, penggunaan tabir surya (sunscreen) pada bayi.  Penggunaan tabir surya disarankan untuk bayi di atas enam bulan. Sebab, untuk bayi di bawah enam bulan pemberian tabir surya justru lebih banyak menimbulkan efek samping.

Kalau pun ingin menggunakan tabir surya pada bayi maka orang tua harus mencari yang memiliki kandungan zinc yang sifatnya lebih untuk melindungi fisik bukan untuk melindungi secara kimiawi.

“Lebih aman lagi jika bayi menggunakan pakaian yang menutup seluruh badan dengan perlindungan kacamata tanpa harus menggunakan tabir surya,” ujarnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro