Entertainment

RICKY JOHANES dalam Kenangan

Sutarno
Sabtu, 23 Maret 2013 - 16:25
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Presenter kondang yang sekaligus penyanyi dan artis multi talenta Ricky Jo telah meninggal dunia pada usianya yang ke 46, pada Jumat (22/3) akibat serangan jantung.

Pemilik nama lengkap Ricky Johannes lahir di Jakarta pada 25 September 1967. Awal karir Ricky Jo dimulai sebagai vokalis band Emerald yang beraliran fusion jazz yang didirikannya pada 1986 bersama dengan Iwang Noorsaid (keyboard), Morgan Sigarlaki (gitar), Roedyanto (bass) dan Juni Zairin atau Yayank (drum).

Bersama Emerald, Ricky berhasil menghasilkan album-album Cemas (1988), Karapan Sapi (1991), Marunda (1994), dan The Best of Emerald (2009).

Sedangkan Emerald sendiri pernah meraih prestasi di antaranya juara pertama LMC 1986, Grand Prix Winner 1986, Grand Prix Winner 1988, Asia Oceania Hongkong 1988, Silver Grand Prize - Asia Oceania World Final Japan 1988, band favorite dan the best performance (vokal & drum) - Sumitomo Festival Japan 1993.

Bakat menyanyi Ricky Jo sudah nampak terlihat sejak ia masih remaja. Hal itu dibuktikannya dengan torehan prestasi dan penghargaan yang ia raih, seperti juara 2 Pop Singer DKI 1980, juara 1 dan penampilan terbaik Bintang Radio/TV DKI Remaja 1983, serta juara 3 dan penampilan terbaik Bintang Radio/TV Nasional 1983.

Keterlibatan Ricky Jo dalam dunia presenter olahraga khususnya sepakbola dimulai sejak 2001 seiring vakumnya Emerald setelah melakukan comeback pada 2009.

Penggemar fanatik Liverpool dan timnas Belanda itu kerap menghiasi layar kaca setiap kali ada pertandingan sepakbola baik lokal maupun mancanegara. Ia juga kerap berlatih sepakbola dengan rekannya sesama artis.

Kecintaannya akan dunia sepakbola membawa dirinya untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Futsal Nasional (BFN) sejak awal 2013 silam.

Kini, Ricky Jo telah tiada, dunia olahraga berduka, begitupun dunia musik Indonesia turut mengheningkan cipta untuk anak bangsa yang telah menyatukan nilai-nilai musik dan olahraga dalam kehidupannya. Selamat jalan Bung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sutarno
Editor : Others
Sumber : Wahyu Kurniawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro