Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LELANG LUKISAN: Karya Francis Bacon Diharapkan Terjual US$40 Juta

BISNIS.COM, NEW YORK-- Lukisan karya Francis Bacon yang berkisah tentang kekasihnya Peter Lacy pada 1962 diharapkan terjual senilai US$40 juta pada lelang di New York bulan depan.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 10 April 2013  |  00:55 WIB

BISNIS.COM, NEW YORK-- Lukisan karya Francis Bacon yang berkisah tentang kekasihnya Peter Lacy pada 1962 diharapkan terjual senilai US$40 juta pada lelang di New York bulan depan.

Deputi Kepala Sotheby's di Eropa, Oliver Barker mengatakan lukisan cat minyak di atas kanvas berjudul "Study for a Potrait of P.L" tersebut dipandang sebagai salah satu karya penting Bacon dan akan menjadi salah satu sorotan dalam penjualan pada malam seni kontemporer Sotheby's, 14 Mei nanti.

"Pria itu merupakan kekasih tersayang Bacon sepanjang hidupnya," ujar , Senin (08/04/2013)

Peter Lacy pindah ke Maroko pada pertengahan 1950-an dan menurut Baker, pelukis kekasihnya itu menerima kabar kematian Lacy di antara telegram ucapan selamat pada malam pembukaan pameran karya 1962 yang terkenal itu di London.

Lukisan itu dalam warna biru, hijau dan hitam, menampakkan Lacy duduk di suatu pagar sambil memegang segelas anggur. Karya tersebut dilukis beberapa bulan setelah kematian Lacy akibat alkohol.

Bacon yang meninggal pada tahun 1992, banyak melukis tentang Lacy berdasarkan kenangan dan foto-foto.

Barker mengatakan bahwa karyanya menunjukkan arah baru dan pengaruh dari pelukis lain.

"Ini menandai semacam lautan perubahan dalam bahasa gambar pada lukisan Bacon tahun 1962. Susunan yang radikal, komposisi lukisan pagar horisontal di bawah sosok obyeknya dan sangat bergaya abstrak-impresionis Amerika dan permainan warna serta latar belakangnya." Bacon bertemu Lacy, mantan pilot perang Inggris pada 1952 di London. Hubungan cinta mereka yang bergelora, bertahan sepanjang tahun 1950-an.

"Jika kita memperhatikan seluruh karya Bacon, dan seluruhnya tidak lebih dari 600 lukisan, kebanyakan didedikasikan pada orang-orang yang tergolong teman dan kerabat," kata Barker. "Pater Lacy adalah salah satunya yang penting." Lukisan itu telah dijual dari koleksi pribadi dan sudah 40 tahun tidak terpampang untuk umum.

Karya tersebut akan dipamerkan di London mulai 12 - 16 April dan di New York mulai 3 Mei.

Barker mengatakan, pra-penjualan akan menaksir minat terhadap karya-karya Bacon sejak mendapat perbaikan pada pasar seni tahun 2008.

Catatan penjualan karya Bacon dalam lelang adalah 86,3 juta dolar pada lelang di Sotheby's New York tahun 2008 untuk karya berjudul "Triptych, 1976" yang diangkat dari mitologi Yunani kuno dan legenda Prometheus.

"Kolektor seni besar dunia disadarkan oleh kenyataan bahwa Bacon, tidak diperdebatkan lagi, adalah salah satu pelukis penting dalam 100 tahun terakhir," kata Barker.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lukisan francis bacon

Sumber : Miftahul Khoer/Newswire

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top