Relationship

DJOKO KIRMANTO: Gateball, Olahraga Unik

Thomas Mola
Jumat, 17 Mei 2013 - 18:18
Bagikan

BISNIS. COM, JAKARTA--Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto rupanya memiliki hobi yang unik, bermain gateball. Gateball merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan alat pemukul, bola dan gawang kecil. Olahraga itu dapat dimainkan perorangan ataupun dalam bentuk tim yang terdiri atas lima orang dalam satu tim.

Kecintaaan terhadap olahraga yang membutuhkan lapangan seluas 20 m x 25 m itu bermula dari coba-coba. Dalam perjalanan menuju suka terhadap olahraga gateball itu, Djoko yang menjabat Menteri Pekerjaan Umum sejak tahun 2004 itu menemukan sisi lain olahraga asal negeri Sakura itu.

"Gateball itu olahraga yang unik. Kadang kita harus mengorbankan diri untuk menolong teman agar kita bisa menang. Team work itu yang bisa diterapkan di tempat kerja," ujarnya.

Semangat team work itu yang berusaha ia tularkan di jajaran Kementerian Pekerjaan Umum. Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum terus mengupayakan sinergi antara program di bidang infrastruktur sumber daya air, bidang cipta karya, bidang bina marga dan bidang penataan ruang.

Selain team work, Djoko mengungkapkan dari gateball ia belajar bahwa usia atau jenis kelamin bukan halangan untuk berprestasi. Menurutnya prestasi merupakan hasil kerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat yang sekarang menjadi slogan Kementerian Pekerjaan Umum. Semangat itu yang ingin ditularkan kepada orang sekitarnya.

"Gateball orang yang tua sekalipun bisa menang, menjadi juara maka saya tertarik. Orang tua, orang muda, laki atau perempuan, dewasa atau anak kecil dalam gateball kapasitas yang sama," ungkapnya di Jakarta baru-baru ini.

Kecintaan kepada gateball membuat Djoko Kirmanto ingin agar olahraga yang digagas oleh Eiji Suzuki pada tahun 1947 itu menyebar di Indonesia. Menurutnya, gateball juga dapat menjadi olahraga prestasi.

Djoko Kirmanto yang juga menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) pertama bercita-cita gateball dapat masuk dalam olahraga yang diperlombakan secara nasional.

"Kita sekarang sudah dikui oleh KONI jadi tidak semata olahraga rekreasi. Pengakuan itu menjadikan gateball dapat dikategorikan olahraga prestasi sehingga kalau ada PON nanti kita bisa ikut," paparnya.

Djoko menuturkan olahraga gateball merupakan olaharaga yang murah dan sederhana karena hanya menggunakan satu pemukul dan 10 bola.
Pemukul pun, jelasnya dapat dimodifikasi dengan menggunakan kayu.

Untuk mewujudkan gateball dilombakan secara nasional, di sela-sela kunjungan tugas, Djoko aktif menyebarkan olahraga ini di hampir sebagian besar provinsi di Indonesia.

Tecatat hingga kini olahraga gateball telah hadir di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan saat ini sedang mulai dikembangkan di Sumatera Utara, Jawa Timur, Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur.

"Bulan ini ada Menteri PU Cup. Nanti ada gateball sehingga bisa liat bawah orang tua tidak kalah dengan orang muda," ujarnya sambil tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro