Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ANGKLUNG: Ini Komentar Sekjen AseanChina Ma Mingqiang

BISNIS.COM, BEIJING - Sekretaris Jenderal Pusat Asean-China Ma Mingqiang mengatakan alat musik angklung sangat luar biasa, karena sederhana tetapi dapat menghasilkan harmoni yang sangat indah.
News Writer
News Writer - Bisnis.com 06 Juni 2013  |  23:17 WIB

BISNIS.COM, BEIJING - Sekretaris Jenderal Pusat Asean-China Ma Mingqiang mengatakan alat musik angklung sangat luar biasa, karena sederhana tetapi dapat menghasilkan harmoni yang sangat indah.

"Incredible (luar biasa)," katanya, saat menyaksikan sejumlah perwakilan negara sahabat dan tamu undangan bermain angklung bersama dalam acara Malam Indonesia di Beijing, Kamis (6/6/2013) malam.

Ma mengaku belum pernah memainkan alat musik tradisional Jawa Barat itu. "Saya belum pernah memegang, apalagi memainkannya," ungkapnya sambil tersenyum.

"Tetapi melihat orkestra angklung yang dimainkan malam ini, saya melihat langsung angklung sangat luar biasa. Sederhana, dapat dimainkan oleh siapa pun, dalam jumlah berapa pun hingga menghasilkan simfoni yang indah," kata Ma sambil memegang angklung.

Acara Malam Indonesia menampilkan profil Provinsi Sulawesi Barat melalui tarian, lagu dan makanan khasnya. Di awal acara ditampilkan tarian Tuqduq Mandar Litaq Pembelongan atau Tarian Tanah Air, di hadapan para hadirin yang terdiri atas perwakilan sepuluh negara Asean, China, serta sejumlah negara sahabat di Beijing.

Di tengah acara, para penari mengajak beberapa hadirin untuk menari bersama hingga tarian usai. Selain tarian, dilantunkan pula lagu-lagu tradisional Indonesia seperti Angin Mamiri, Ayo Mama, beberapa lagu mandarin seperti Yue Liang Dai Biao Wo De Xin dan lainnya.

Selain itu para hadirin juga diajak menikmati pertunjukan orkestra angklung dari Saung Udjo yang memainkan tiga lagu. Setelah itu para hadirin juga diajak bermain angklung bersama di bawah arahan Kang Daeng Udjo dengan tiga lagu.

Angklung adalah alat musik bambu khas Indonesia yang telah tercatat sebagai salah satu warisan budaya dunia The Intangible Heritages UNESCO

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china asean beijing angklung malam indonesia ma mingqiang

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top