Show

SENI BUDAYA: Berbagi Sukses Dengan Pengarang "9 Summers 10 Autumns"

Herry Suhendra
Selasa, 25 Juni 2013 - 10:17
Bagikan

BISNIS.COM, BOGOR: Pengarang buku 9 Summers 10 Autumns Ir. Iwan Setyawan tak menyangka akan menjadi penulis terkenal dengan mengangkat kisah hidupnya yang menginspirasi banyak orang itu.

Lelaki kelahiran Batu, Malang, Jawa Timur  tersebut menularkan kisah suksesnya di dalam Studium General dalam rangka penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan Emas (Angkatan 50) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Iwan Setyawan lahir di Batu 2 Desember 1974. Ia menjadi lulusan terbaik Fakultas MIPA IPB 1997 Jurusan Statistika. Iwan pernah bekerja selama 3 tahun di Jakarta sebagai data analis di Nielsen dan Danareksa Research Institute.

Selanjutnya dia merambah karir di New York City selama 10 tahun. Pencinta yoga, sastra dan seni teater ini meninggalkan New York pada Juni 2010 dengan posisi terakhir sebagai Director Internal Client Management di Nielsen Consumer Research, New York.

Karya 9 Summers 10 Autumns adalah novel pertama yang terinspirasi dari perjalanan hidupnya sebagai anak seorang sopir di Kota Batu dan kemudian sukses menembus karir ke New York City. Iwan saat ini tinggal di Batu, Jawa Timur.   Dalam pemaparanya Iwan berpesan kepada angkatan emas IPB untuk memiliki sifat-sifat seorang mahasiswa yang luar biasa. 

“Mahasiswa IPB angkatakan emas harus intelek dan berfikiran luas, jangan menjadi mahasiswa yang biasa-bisa saja atau mahasiswa yang rata-rata, tapi jadilah mahasiswa yang luar biasa dan istimewa,” kata Iwan dalam siaran pers IPB hari ini, Selasa (25/6/2013). 

Iwan dengan gayanya yang intelek dan gaul itu menuturkan pesannya dengan bahasa-bahasa yang komunikatif membuat para mahasiswa tidak beranjak dari tempat duduknya.

Ada 8 pesan yang disampaikan Iwan kepada mahasiswa angkatan 50, yaitu, mahasiswa IPB harus memiliki intelektual, gemar membaca, gemar menulis, go internasional, dinamis, belajar debat elegant, mengekspresikan ide dan kerja keras. 

“Jangan takut, coba saja dulu,” begitulah pesan Iwan yang disampaikan kepada mahasiswa IPB, mengutip pesan Ibunya dahulu.

Selain Iwan, dalam Studium General juga menampilkan Alumni Sukses IPB, yaitu, Budi Susilo Setiawan, S.Pt. Budi adalah lulusan Fakultas Peternakan IPB yang sukses dengan berwirausaha berbasiskan Peternakan. Budi pun memberikan beberapa tips kiat menjadi sukses yaitu  yakin, kerja keras, evaluasi dan bersabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herry Suhendra
Editor : Sutarno
Sumber :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro