Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hati-Hati, Sebelum Pasang Gigi Palsu Perhatikan Ini

   Bisnis.com, JAKARTA - Mencabut sisa akar gigi sebelum memasang gigi tiruan merupakan hal yang penting dilakukan, karena sisa akar yang tertinggal dapat mengakibatkan infeksi pada gusi, bahkan pada organ tubuh lain. "Sisa akar harus dicabut,
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 17 September 2013  |  15:44 WIB
Hati-Hati, Sebelum Pasang Gigi Palsu Perhatikan Ini
Bagikan

   Bisnis.com, JAKARTA - Mencabut sisa akar gigi sebelum memasang gigi tiruan merupakan hal yang penting dilakukan, karena sisa akar yang tertinggal dapat mengakibatkan infeksi pada gusi, bahkan pada organ tubuh lain.

"Sisa akar harus dicabut, karena itu merupakan benda mati yang menjadi sumber kuman dan infeksi, yang bisa menjalar ke ginjal, jantung bahkan berakibat buruk terhadap penyakit diabetes melitus," ujar Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia drg. Zaura Rini Anggraeni, Selasa (17/9).

Menurut Rini, selain mencabut sisa akar, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang gigi palsu, misalnya memastikan kondisi gusi bersih dan dapat dipasang gigi tiruan.

Rini mengatakan, gigi asli yang hilang perlu diganti dengan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi mengunyah, bicara dan estetika, terutama bagi masyarakat yang memasuki usia lanjut.

Dengan adanya fungsi kunyah yang baik, lanjut Rini, maka saluran cerna dapat bekerja dengan baik dan orang tersebut bisa terhindar dari keringnya permukaan mulut yang menyebabkan nafas berbau.

"Selain itu, fungsi bicara dan estetika dari pemasangan gigi tiruan dapat membuat seorang lansia berbicara dengan lebih jelas dan dapat menyangga otot-otot wajahnya agar tidak turun," kata Rini.

Rini mengemukakan bahwa gigi tiruan juga dapat mencegah pergeseran gigi asli akibat kosongnya gigi di sebelah kanan dan kirinya.

"Apabila gigi di sebelah gigi asli tersebut kosong, maka gigi asli cepat berubah tempat dan semakin lama semakin renggang. Jadi, sebaiknya dipasang gigi tiruan," ujar Rini. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi cabut gigi
Editor : Bambang Supriyanto
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top