Referensi

Harry Dagoe Selalu Tertarik Buku Psikologi

Senin, 7 Oktober 2013 - 00:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa yang tidak mengenal Harry Dagoe Suharyadi, seorang aktor, penulis skenario, sutradara dan produser film, yang puluhan karya-karyanya telah mendapatkan berbagai penghargaan dan apresiasi dunia internasional.

Ciri khas film yang diproduksinya seperti tidak jauh dari dunia anak-anak. Tercatat sejumlah karyanya, seperti Happy Ending, Mencari Pelangi, Berdongens Peri, Ratu Malu & Jenderal Kancil.

Namun, di sela-sela kesibukannya dalam dunia perfilman tersebut, aktivitas membaca buku adalah salah satu hal yang masih sering dilakukan pria lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) tersebut.

"Saya suka baca buku berbau psikologi, atau hal-hal yang menyangkut inti manusia seperti pemikiran, spirit, kepribadian seseorang, dan lainnya," tuturnya.

Menurutnya, buku yang berkaitan dengan inti manusia selalu menarik untuk dipelajari. Dari sekian buku psikologi yang pernah dibacanya, ada satu yang paling menginspirasinya, yakni Sybil, Kisah Nyata Seorang Gadis Dengan 16 Kepribadian.

Pria yang mahir bermain gitar klasik itu, bahkan sempat shock gara-gara membaca buku tersebut. Buku karya Flora Rheta Schreiber yang diangkat dari kisah nyata dan menceritakan tentang hasil pemeriksaan psikiater Dr Wilbur terhadap seorang gadis bernama Sybil Isabel Dorsett yang hidup dengan 16 kepribadian berbeda.

"Menurut saya, fenomena itu luar biasa mengherankan. Ada 16 kepribadian yang berbeda dalam satu tubuh, dan setiap personalnya memiliki usia, hobby, dan keyakinan terhadap agama yang berbeda-beda tapi dalam satu tubuh. Shok saya," ujarnya.

Melalui pengalamannya membaca buku Sybil dan buku psikologi lainnya, membuat Harry merasa lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang dengan kepribadian yang berbeda.

Saat ini, Harry tengah disibukkan dengan persiapan sebuah film terbarunya berjudul Sunya, yang rencananya akan mulai dirilis pada tahun depan. (62) (Bisnis Indonesia Minggu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro