jibiphoto/Linda T. Silitonga
Health

Tips Mendidik Kepemimpinan pada Anak

Reni Efita
Kamis, 17 Oktober 2013 - 21:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Semua orang tua  pasti menginginkan yang terbaik untuk masa depan anak. 

Bagaimana cara mendidik  anak agar  bisa menjadi pemimpin?

Anna Surti Ariani, psikolog anak dan keluarga mengatakan  untuk tumbuh kembang anak diperlukan pola asuh yang tepat, dukungan nutrisi yang tepat, lingkungan yang aman dan kondusif serta stimulasi.

“Melatih kepemimpinan pada anak bukan yang memimpin temannya, tapi pada dirinya sendiri,” kata Anna disela-sela acara di Kidzania, Kamis siang (17/10/2013).

Pendidikan kepemimpinan  sudah dimulai sejak bayi. Banyak ibu kelas menengah percaya anaknya memiliki potensi yang besar dan suatu hari nanti akan memberika kebanggannya dan keluarganya.

Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan oleh orang tua untuk mendidik anaknya agar bisa menjadi pemimpin:

  • Tumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang sudah dimuali sejak bayi
  • Kemampuan berkomunikasi.  Stimulasinya dengan cara bergaul dengan temannya dan diajak banyak bicara, banyak ditanya. Hal ini dimulai usia satu tahun ke atas
  • Anak dianjurkan untuk ambil kebutuhan sendiri
  • Ajak anak untuk bersosialisasi.  Tingkat sosialisasi anak akan baik  setelah usia 3 tahun, karena kemampuan  sosialisasi anak usia 3 tahun ke bawah masih  bersifat egocentrism yang  menjadikan diri sendiri sebagai pusat pemikirannya.

Stimulasi untuk mengasah kepemimpinan pada anak, kata Anna, dapat dilakukan melalui permainan tradisional  antara lain peta umpat, karena mengasah otaknya untuk mengatur strategi kapan jongkok, permainan ular naga, atau permainan nenek gerondong. 

Stimulasi melalui  permainan tradisional kepada anak, katanya, juga dalam rangka mengenalkan budaya Indonesia sejak dini kepada anak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro