Tarian barongsai/Antara
Show

Barongsai Bisa Jaga Kebugaran dan Bangkitkan Semangat

Rahmayulis Saleh
Selasa, 5 November 2013 - 09:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Barongsai bukan hanya sekadar tarian tradisional dari negeri China, tetapi juga bisa menyatukan budaya dan olahraga, serta membangkitkan semangat.

Tarian barongsai dapat menjaga kesehatan, kebugaran jasmani, dan sekaligus mendatangkan kegembiraan bagi yang menyaksikannya.

Selain itu, tarian naga ini mengandung nilai-nilai yang dapat membangkitkan semangat Sumpah Pemuda, yang bisa mempererat persatuan bangsa di tengah mulai lunturnya nilai-nilai sosial.

Barongsai tidak dapat dipisahkan antara seni dan olahraga. Karena itu pagelaran barongsai dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ke depannya. Setiap liukan tarian tradisional asal China ini bisa menarik perhatian masyarakatyang menyaksikannya.

Untuk lebih memperkenalkan tarian barongsai kepada masyarakat, Perhimpunan Masyarakat Indonesia (Permatabekerja sama dengan PT Rider Indonesia, menggelar Kompetisi Barongsai. Kompetisi bertema Pemuda Indonesia Sadar Budaya ini,memperebutkan piala bergilir Rider Permata Cup.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak anak muda agar selalu memiliki jiwa yang patriotisme, dan sportif,” kata Hanan Supangkat, Direktur Utama PT Rider Indonesia, dalam rilisnya Selasa (5/11/2013).

Dia menuturkan kegiatan tersebut dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda.  Lomba ini merupakan apresiasi yang diberikan Rider atas semua bentuk prestasi dari setiap generasi muda.

Lomba barongsai atau lion dance competitions ini diikuti oleh 25 kelompok peserta, sebagian besar berasal dari klub Klenteng di Tangerang, Banten.

“Kami berharap lewat ajang yang sarat budaya dan olahragaseperti ini, bisa meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan bangsa. Para pemuda bisa menjunjung luhur jiwa kebangsaan,” tambah Yudi Prianto, Ketua Yayasan Permata Indonesia.

Pemenang kompetisi ini adalah grup Hongcu Bio Tangerang (meraih Juara I), Maha Virya Tim A (juara II), Siaw Kit Lion Dance (juara III)Daya Bersama Tim A (harapan I), Maha Virya Tim B (harapan II), dan juga harapan III jatuh pada grup Boen Hai Bio Tim A. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro