Fashion

Ini Cara Agar Anak Tumbuh Optimal

Fatkhul-nonaktif
Kamis, 21 November 2013 - 21:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nutrisi dan tumbuh kembang anak adalah dua hal yang esensial. Kebutuhan kedua hal itu harus terpenuhi untuk mendapatkan anak yang mempunyai potensi optimal.

"Saat ini kita seringkali terperangkap pada upaya mengatasi masalah yang ada, sehingga sering terlupa bahwa hal yang tidak kalah penting adalah mengatasi penyebab masalah itu," kata Badriul Hegar, Ketua Umum Ikatan Dokter Anal Indonesia (IDAI) di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Menurut dokter spesialis anak ini, pada masalah nutrisi (gizi kurang atau lebih), pengenalan cara pemberian makan, dan memberikan makanan yang tepat (infant feeding practice), merupakan hal yang sangat perlu dipahami oleh setiap orang tua.

Dia mengatakan ciri khas seorang anak adalah tumbuh dan berkembang. Setiap fase pertumbuhan itu mempunyai arti dalam pencapaian potensi hidupnya yang optimal.

“Karena itu pemantauan dan deteksi dini gangguan tumbuh kembang anak menjadi hal yang sangat esensial," ungkapnya di sela-sela seminar Indonesia cinta sehat melalui dukungan nutrisi dan tumbuh kembang anak. Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Anak Nasional 2013.

Badriul menjelaskan banyak faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah sehat, tidak saja bebas dari suatu penyakit, tapi juga sehat secara mental maupun sosial.

Dia menambahkan  upaya promotif dan preventif masalah kesehatan anak melalui edukasi pada masyarakat, merupakan salah satu cara penting dan efesien untuk mempercepat pencapaian taraf kesehatan anak yang diharapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro