Show

Edukasi Seni, GNI Ajari Pelajar Melukis di Atas T-Shirt

Bambang Supriyanto
Selasa, 10 Desember 2013 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia (GNI) menggelar bimbingan dan edukasi melukis di atas T-Shirt kepada puluhan pelajar SMP Negeri 1 Bekasi.

Melukis di atas T-shirt adalah sebuah teknik seni rupa yang agak berbeda dengan teknik seni rupa yang lainnya. Walaupun berbeda, melukis di atas T-shirt mempunyai keseruan yang sama dengan teknik seni rupa lainnya. Para peserta didik diajari bagaimana cara melukis di atas T-shirt yang benar, kemudian bahan apa saja yang digunakan hingga bagaimana cara bermain dengan warna.

“Selain sebagai bentuk apresiasi pada dunia seni, kegiatan ini juga sebagai sarana pembelajaran seni untuk para generasi-generasi dini yang ingin lebih jauh mengenal dunia seni, khususnya seni rupa,” ujar Kepala GNI Andre Sukmana dalam keterangan pers, Selasa (10/12).

Dia menjelaskan acara yang digelar untuk pelajar SMP di Bekasi pada pekan lalu itu merupakan bentuk pengenalan anak sedini mungkin dengan warna, kosa kata, cerita dan berkreativitas.

"Dengan adanya kegiatan edukasi dan program-program yang bertemakan seni, diharapkan dapat membentuk generasi yang kreatif dan dapat menghasilkan karya-karya yang inovatif,” ungkapnya.

Dalam mempelajari seni,  ungkapnya, seseorang dilatih untuk membuka ruang imajinasinya, dan juga harus mempunyai kesabaran yang sangat besar. "Pendidikan seni pada anak usia dini memerlukan pengelolaan sesuai karakteristik dan lingkungan yang kondusif untuk keberhasilan belajar anak usia dini,” tegasnya.

Andre menambahkan orang tua dituntut untuk semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan tentang dunia seni kepada anak-anak mereka. Peran orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak secara optimal, di samping gizi yang seimbang.

Menurutnya, pada dasarnya pendidikan seni mempunyai banyak manfaat yang positif. "Pendidikan seni rupa dapat melatih perkembangan otak kanan, dengan begitu diharapkan sang anak secara tidak langsung dapat belajar norma-norma berperilaku secara alamiah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro