Musik

Sasando, Dari Rote Ndao Hingga Mancanegara

Dewi Andriani
Jumat, 13 Desember 2013 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka mempromosikan keindahan dan kemerduan instrumen alat musik sasando dari Pulau Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur ke seluruh nusantara dan mancanegara, Kemenparekraf dan Marketeers menggelar The Real Wonder of The World Concert.

Konser musik bertajuk Great Indonesian Songbook “Sound From Rote Ndao” ini berlangsung Kamis malam (12/12/2013) bersamaan dengan Malam Apresiasi “Wonderful Indonesia” bertempat di Ballroom The Ritz Carlton, SCBD.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan keunikan musik Sasando yang hanya ada di NTT ini telah diakui di mata dunia. Oleh karena itu, perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan sehingga dapat semakin dikenal dunia.

Sebab, harmoni musik yang bersumber dari kearifan lokal tersebut juga dapat menjadi daya tarik pariwisata lainnya di NTT, selain Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan Danau Kalimutu yang saat ini sudah makin dikenal.

“Sasando sebagai identitas daerah dan bangsa Indonesia selayaknya terus dilestarikan dan dikembangkan melalui festival dan konser yang sekaligus mempromosikan pariwisata NTT,” ucapnya, Kamis malam (12/12/2013).

Konser megah The Real Wonder of The World Concert 2013 tadi malam dimeriahkan dengan penampilan musisi ternama seperti David Naif, Lea Simanjutak, Monita Tahalea, serta Ivan Nestroman yang diiringi oleh Dwiki Dharmawan and The Sasando Orchestra.

Sapta berharap penampilan musik Sasando tersebut juga dapat mengapresiasi daerah lain untuk menjadikan alat musik tradisionalnya sebagai daya tarik para wisatawan, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Sasando sering kita tampilkan pada kesempatan mengikuti pameran pariwisata di mancanegara, dan selalu mendapat sambutan luar biasa dari para pengunjung. Mudah-mudahan alat musik ini juga bisa jadi pemikat wisatawan berkunjung ke daerah asal musik tersebut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro