Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Kaya Kelompok Etnik, Jadi Inspirasi Desain dan Kriya

Siapa sangka Indonesia memiliki lebih dari 600 kelompok etnik dan terbesar di dunia dengan berbagai macam ciri dan karakter masing-masing.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 18 Desember 2013  |  19:11 WIB
Indonesia Kaya Kelompok Etnik, Jadi Inspirasi Desain dan Kriya
Para Steering Committee dan Kurator Biennale Desain & Kriya Indonesia 2013 berdiskusi tentang pelaksanaan ajang senirupa tersebut di Kantor Kemenparekraf. - Bisnis/Rahmayulis Saleh
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Siapa sangka Indonesia memiliki lebih dari 600 kelompok etnik dan terbesar di dunia dengan berbagai macam ciri dan karakter masing-masing.

Secara potensial negara ini juga memiliki nilai inspiratif bagi pengembangan desain dan kriya. Sebab, kriya tak terlepas dari kehidupan setiap kelompok etnik, yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Dengan kepekaan terhadap pengembangan industri kreatif yang berkelanjutan, sebagai acuan untuk memasuki pasar global produk industri kreatif, Indonesia akan lebih diperkaya dengan cita rasa dan kearifan lokal yang tidak mudah untuk disaingin keanekaragamannya," kata Irvan A. Noe'man, Ketua Kurator Biennale Desain & Kriya Indonesia 2013 di Jakarta, Rabu (18/12/2013), saat menjelaskan kegiatan pameran senirupa tersebut.

Dia menuturkan Biennale Desain & Kriya Indonesia 2013, yang baru pertama dilaksanakan itu, mengangkat tema GeoEtnik.

"Beragam karya yang ditampilkan dalam GeoEtnik ini, diharapkan dapat menggugah inspirasi dalam membaca dan memahami perubahan gaya hidup," ujarnya.

Sementara itu, Solichin Gunawan, yang juga tim kurator Biennale, menjelaskan bahwa Biennale adalah sebuah forum yang sangat penting bagi para desainer dan kegiatan industri kreatif. Forum seperti ini lazim terjadi di dunia seni rupa.

Namun, lanjutnya, sejak berdirinya dunia pendidikan formal di Institut Teknologi Bandung pada 1958, baru tahun ini dapat diwujudkan Biennale di bidang desain dan kriya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biennale jakarta biennale 2013
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top