Teh Hua Cha/Bisnis-Rahmayulis Saleh
Kuliner

Teh Hua Cha, Minuman Sehat dengan Aroma Bunga

Rahmayulis Saleh
Rabu, 29 Januari 2014 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Ingin mencoba minuman teh dengan keharuman bunga krisan dan melati? Mungkin Anda bisa mendapatkannya di restoran China Table8, di Hotel Mulia Senayan Jakarta.

Teh dari China yang bernama hua cha ini, cukup beragam manfaatnya untuk kesehatan. Diantaranya bisa meluruhkan lemak di dalam tubuh, terutama bagi mereka yang sukan ngemil gorengan.

Romy Herlambang, Director of Communications Hotel Mulia Senayan, menuturkan khasiat teh hua cha yang diseduh dengan air panas ini, juga bisa sebagai pengganti oksidan, membantu meredakan flu, demam panas, mengurangi hipertensi, dan sakit kepala, serta menghilangkan rasa mual dalam perut.  

“Teh ini dibentuk bulat, dibuat dari daun teh yang dijahit dengan bagian dalam berisi bunga krisan dan melati. Ketika direndam dengan air panas, bunganya secara perlahan akan mekar dan mengeluarkan aroma wangi,” ungkap Romy, Rabu (29/1/14).

Uniknya cara penyajian teh ini tidak bisa sembarangan seperti menyeduh teh biasanya. Ketika memesan hua cha, seorang Tea Master Table8 akan datang dengan membawa sebuah teko dengan yang muncungnya panjang halus. Kemudian sebelah tangannya memegang sebuah gelas tinggi dengan permukaannya cukup besar.

Bak gaya seorang penari atau pemain kungfu, sang master teh ini pun beraksi di depan tamu. Dia mengangkat tinggi teko berwarna keemasan berisi teh panas itu, lalu menuangkannya ke dalam gelas tadi.

Menurut Romy, menyambut Tahun Baru Imlek Kuda 2565, rasanya kurang afdol kalau tidak mencoba hua cha. Biasanya teh ini disajikan sebelum menyantap hidangan utama, atau diminum sore hari bersamaan dengan penganan  dim sum.

Irwan, Tea Master di Table8, mengatakan untuk bisa beraksi menyajikan hua cha ini, dia perlu belajar sekitar 3 bulan, dan berlatih langsung dengan pakarnya yang didatangkan dari China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro