Remaja memang kerap ingin disandingkan dengan siapa sosok yang dipuja. /bisnis.com
Health

Hey Remaja, Ngefans Sama Siapa? Baca Dulu Ini

Miftahul Khoer
Sabtu, 22 Februari 2014 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kalangan psikolog menilai fenomena remaja yang tergila-gila terhadap idola merupakan sebuah proses pendewasaan.

Witrin Gamayanti, Psikolog Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengatakan ketika anak memasuki usia remaja, ada satu momen masa pencarian identitas, salah satunya mencari dan menemukan idola.

"Jadi memang hal ini teradi biasanya pada masa remaja awal. Ada yang terus berlanjut, ada juga selesai pada masa dewasa. Tergantung kematangan emosi mereka," katanya kepada Bisnis.com, Jumat (22/2/2014).

Fenomena ini terjadi misalnya sejumlah remaja yang kerap histeris tatkala melihat artis idolanya tampil dalam sebuah acara pertunjukan.

Tak jarang, para penggemar ini kelewat batas mengidolakan hingga rela menunggu di lokasi pertunjukan beberapa hari sebelum sang idola manggung.

Witrin menambahkan, remaja memang kerap ingin disandingkan dengan siapa sosok yang dipuja. Hal tersebut merupakan sebuah dorongan dari otak dan pengaruh lingkungan pergaulan.

"Maka jangan heran jika remaja banyak bilang 'yang penting gua harus harus sepeti dia'. Misalnya pas zaman hebohnya penyanyi Elvis Presley, waktu itu orang ramai-ramai meniru gaya berperilaku atau berpakaian seperti dia," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Firman Wibowo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro