Entertainment

Inilah 6 Film Nasional Dengan Penonton Terbanyak

Deliana Pradhita Sari
Sabtu, 5 April 2014 - 14:00
Bagikan

Inilah 6 Film Nasional Dengan Penonton Terbanyak
Bisnis.com, JAKARTA - Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) yang dihimpun Bisnis menyebutkan film nasional mampu mengeruk jumlah penonton yang fantastis. Terlepas dari eksploitasi pocong dan teman-temannya.

Film nasional yang berhasil menembus rekor penonton terbanyak adalah film besutan Riri Riza pada 2008 berjudul Laskar Pelangi. Film tersebut masih menempati nomor urut pertama dengan penonton terbanyak sepanjang perfilman Indonesia yaitu 4,6 juta penonton.

Peringkat kedua diduduki oleh Habibie & Ainun. Film besutan Faozan Rizal ini mendapatkan respon penonton sebanyak 4,4 juta.

Film ketiga yang mampu menghipnotis penonton untuk berbondong-bondong terjun ke bioskop adalah Ayat-Ayat Cinta karya Hanung Bramantyo. Film keluaran tahun 2008 yang diangkat dari novel terlaris Habiburrahman El Shirazy tersebut mampu menyedot 3,6 juta penonton.

Peringkat selanjutnya ditempati oleh Ketika Cinta Bertasbih (Juni 2009), 5 cm (2012), Ketika Cinta Bertasbih 2 (September 2009) dan The Raid (2011). Keempat film tersebut mampu mendongkrang penonton di kisaran 1,8 hingga 3,1 juta penonton. Data tersebut terkumpul hingga 13 Maret 2013.

Direktur Pengembangan Industri Perfilman Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Kemenparekraf Armein Firmansyah menyatakan film nasional yang banyak diminati penonton mayoritas adalah film berbasis drama religi.

Tentu itu jika dibandingkan dengan genre lainnya macam horor, komedi, petualangan, animasi, musikal, remaja, thriller, mistik, fantasi, anak-anak, dan legenda.

“Film yang tayang pada 2013 yang berada pada kisaran penonton di atas 1,5 juta juga didominasi oleh 99 Cahaya di Langit Eropa, Sang Kyai dan Comic 8,” katanya kepada Bisnis.

FilmLaskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hiratayang diterbitkan oleh Bentag Pustaka  pada 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (Sekolah dasar dan sekolah menengah pertama) di sebuah sekolah Muhammadiyah  di Kabupaten Belitung  yang penuh dengan keterbatasan.

Mereka tersebut adalah:

  1. Ikal aka Andrea Hirata
  2. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara
  3. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah
  4. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi Ahlan bin Zubair bin Awam
  5. A Kiong (Chau Chin Kiong); Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman
  6. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz
  7. Kucai; Mukharam Kucai Khairani
  8. Borek aka Samson
  9. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari
  10. Harun; Harun Ardhli Ramadan bin Syamsul Hazana Ramadan

3 Film Dengan Rekor Penonton  Terbesar

Film

Sutradara

Tahun

Jumlah Penonton

1. Laskar Pelangi

Riri Riza

2008

4,6 juta

2.Habibie & Ainun

Faozan Rizal

2012

4,4 juta

3. Ayat-Ayat Cinta

Hanung Bramantyo

2008

3,6 juta

Direktur Pengembangan Industri Perfilman Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Kemenparekraf Armein Firmansyah menyatakan film nasional yang banyak diminati penonton mayoritas adalah film berbasis drama religi dibandingkan dengan genre lainnya macam horor, komedi, petualangan, animasi, musikal, remaja, thriller, mistik, fantasi, anak-anak, dan legenda.

“Film yang tayang pada 2013 yang berada pada kisaran penonton di atas 1,5 juta juga didominasi oleh 99 Cahaya di Langit Eropa, Sang Kyai dan Comic 8,” katanya kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro