Bus Wisata Jakarta. Bidik wisatawan dari Balikpapan/JIBI
Travel

JTE 2014 Bidik Transaksi Rp2 Miliar dari Pasar Balikpapan

Siti Munawaroh
Kamis, 22 Mei 2014 - 13:53
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Provinsi DKI Jakarta membidik transaksi hingga Rp2 miliar dalam roadshow Jakarta Tourism Expo 2014 yang digelar selama 3 hari di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jakarta Tourism Expo (JTE) 2014 akan digelar di Plaza Balikpapan mulai 23-25 Mei 2014. Dalam pameran tersebut, berbagai paket wisata dan liburan ke Jakarta dengan harga terjangkau selama Mei 2014 hingga 31 Agustus 2014, ditawarkan kepada masyarakat Kota Balikpapan, serta kota-kota lain di Kalimantan Timur.

“Balikpapan sebagai salah satu lokasi diselenggarakan JTE karena masyarakat di kota ini dan daerah sekitarnya kami ketahui sering berkunjung ke Jakarta. Pada JTE 2009 kami juga pernah selenggarakan di Balikpapan dan transaksi [penjualan paket] saat itu belum sampai Rp1 miliar. Untuk tahun ini kami harapkan bisa capai Rp1 miliar–Rp2 miliar,” kata Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta, Cucu  A. Kurnia, dalam konferensi pers JTE 2014, Kamis (22/5).

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Komisi B, Suprawito, VP Corporate Communication Citilink, Benny S. Butarbutar, Senior Manager Corporate Communication PT Sriwijaya Air, Agus Soedjono, dan perwakilan dari objek wisata serta industri perhotelan DKI Jakarta.

Cucu menuturkan Balikpapan dan kota di Kaltim memiliki potensi wisatawan domestik yang cukup besar dan diyakini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pelaksanaan JTE 2014. Potensi  ini setidaknya terlihat dari load factor penerbangan dari Balikpapan yang terus menunjukkan tren peningkatan.

“Kami memiliki 13 flight dari Balikpapan, termasuk 2 flight per hari ke Jakarta. Saat low season load factor sekitar 80%-87% dan saat peak season cenderung sangat tinggi. Ada potensi pasar yang besar di Balikpapan ini,” ungkap Agus Soedjono.

Dalam pameran JTE 2014 di Balikpapan, pengunjung bisa mendapatkan paket wisata murah dengan harga Rp1,4 juta/orang termasuk tiket pesawat Sriwijaya Air/Citilink Balikpapan-Jakarta-Balikpapan dan menginap 1 malam di hotel berbintang. Selain itu, JTE 2014 juga menawarkan paket wisata menarik lainnya yang dikemas dengan mengunjungi objek wisata ternama seperti Sea World, Kidzania, Gondola Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Pusat Perbelanjaan Tanah Abang dan Thamrin City.

“Kami juga menggelar program One Hour Crazy Sale, pengunjung bisa mendapatkan harga hotel berbintang di Jakarta mulai Rp99.000/malam termasuk sarapan. Sebanyak 30 hotel berbintang memberikan penawaran special diskon 50%-70% selama pameran,” kata Vivien Tan, perwakilan dari perhotelan Jakarta.

Selain digelar di Balikpapan, tambah Cucu, roadshow JTE 2014 juga dilangsungkan di 8 kota besar lainnya di Indonesia, yakni Palembang, Pangkal Pinang, Pontianak, Manado, Papua, Solo dan Malang serta Makassar.

“Selain pameran kami juga menggelar table top dengan pelaku industri pariwisata di Balikpapan dan Kaltim.  Tak hanya di dalam negeri, kegiatan table top juga kami lakukan dengan pelaku industri pariwisata di pasar Asean, seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam.”

JTE telah dilaksanakan sejak 2008 dan diprakarsai Disparbud DKI yang melibatkan stakeholder industri pariwisata Jakarta dan biro perjalanan lokal. Data yang dihimpun Disparbud DKI menunjukkan pertumbuhan sarana dna prasarana wisata di Megapolitan Jakarta melesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi. Jumlah pusat perbelanjaan mencapai lebih dari 86 mall.

Pada 2013, arus wisatawan domestic ke Jakarta mencapai 31 juta orang dan wisman sebanyak 2,3 juta orang. Rata-rata pertumbuhan wisatawan Jakarta sekitar 7%-10% per tahun.

Suprawito menambahkan DPRD DKI Jakarta mendukung penyelenggaraan JTE 2014 mengingat pariwisata merupakan program unggulan dan menjadi sumber devisa yang luar biasa bagi DKI,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Siti Munawaroh
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro