Lampu jadi elemen penting bagi kamar tidur. Ilustrasi foto sebuah kamar hotel. /Archipelago International
Relationship

Mencari Lampu yang Ideal untuk Kamar Tidur

Agnes Savithri
Senin, 16 Juni 2014 - 03:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Beraneka ragam lampu saat ini beredar di pasaran. Lampu tidak lagi menjadi sebuah alat penerang, namun bisa dijadikan sebagai penghias ruangan. Salah satunya adalah lampu tidur. Namun, tentunya peletakkannya harus diperhatikan.

Biasanya pengunaan lampu tidur menggunakan lampu meja kecil. Lampu ini diletakkan di atas nakas sebelah kanan dan kiri kasur. Ragam lampu tidur tidak hanya lampu meja. Ada alternatif lain seperti lampu gantung dan lampu yang menempel di dinding.

Jenis lampu ini tentunya disesuaikan dengan selera dan keindahan tata ruang. Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam penempatannya.

“Peletakkan lampu tidur diusahakan agar posisinya tidak langsung ke mata. Idealnya posisi lampu jangan tegak lurus agar menghindari kontak langsung dengan mata,” tutur Sisi Prima Laila, desainer interior.

Posisi tidak langsung ke mata ini agar ketika tidur tidak terpapar langsung cahaya lampu, karena akan silau. Usahakan mata hanya mendapatkan pantulan cahaya. Jika ingin meletakkan lampu di kanan kiri tempat tidur, pilihlah lampu yang bohlamnya tidak kelihatan.

Lampu dengan jenis seperti ini sudah banyak tersedia di pasaran dengan aneka ragam desain yang cantik. Jika ingin menggunakan lampu gantung, carilah lampu yang covernya lebar. Hal ini menghindari paparan cahaya yang terlalu banyak sehingga membuat silau.

Menurut Sisi, satu hal lagi yang harus diperhatikan dalam pemilihan lampu ada watt yang digunakan. Idealnya lampu tidur menggunakan lampu 3-5 watt, sedangkan pilihan warna bisa disesuaikan dengan selera. Namun rata-rata menggunakan warna kuning atau putih terang.

                                                                                        

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro