Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KESEHATAN RAMADAN: Bila Ingin Berpuasa, Pasien Diabetes Harus Kontrol Gula Darah

Penderita diabetes tipe 2 yang ingin menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan sebaiknya selalu waspada dan ingat untuk mengontrol kadar gula darahnya.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 23 Juni 2014  |  18:58 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Penderita diabetes tipe 2 yang ingin menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan sebaiknya selalu waspada dan ingat untuk mengontrol kadar gula darahnya.

Prof. Pradana Soewondo, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam dari FKUI/RSCM, menuturkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang berubah selama berpuasa Ramadan, dapat menimbulkan risiko komplikasi bagi pasien diabetes tipe 2.

Di antara komplikasi dimaksud adalah rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia), meningkatnya kadar gula darah (hiperglikemia), pembekuan darah, dan dehidrasi.

“Bagi pasien diabetes tipe 2 yang berpuasa, panjangnya jeda antara asupan makanan dan pengobatan diabetes tertentu, dapat meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia,” kata Pradana di Jakarta (23/6/2014) saat peluncuran program Ramadan Diabetes and Me oleh Merck Sharp and Dohme (MSD) Indonesia.

Dia menuturkan, hipoglikemia terjadi ketika kadar gula dalam darah jatuh terlalu rendah untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Jika dibiarkan atau tidak segera diobati, hipoglikemia dapat menyebabkan masalah kesehatan serius termasuk kehilangan kesadaran, kejang-kejang, dan membutuhkan perawatan darurat.

Untuk mencegah hipoglikemia, Pradana menyarankan pasien diabetes tipe 2 berkonsultasi dengan dokter tentang apa yang dibutuhkan, atau melakukan perubahan pengobatan untuk meminimalkan risiko terkait dengan puasa.

“Hal ini penting bagi pasien untuk mematuhi rencana pengobatannya, sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter, demi menghindari fluktuasi kadar glukosa darah,” ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ramadan 2014 gula darah
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top