Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KANKER HATI: Ringankan Beban Biaya, Penderita Bisa ikut Program PAP

Bayer Indonesia memberikan program Patients Asistance Program (PAP) untuk mengurangi beban biaya penderita kanker hati yang dihadapi oleh pasien dan keluarganya.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 26 Agustus 2014  |  16:15 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker hati selain membuat kualitas hidup penderita terganggu, juga menyebabkan beban biaya pengobatan yang tak sedikit.

Bayer Indonesia memberikan program Patients Asistance Program (PAP) untuk mengurangi beban biaya penderita kanker hati yang dihadapi oleh pasien dan keluarganya.

Untuk membantu pasien kanker hati stadium lanjut, tersedia terapi sistemik yang merupakan pengobatan melalui oral dengan Sorafenib, satu-satunya obat minum di Indonesia untuk penderita kanker hati stadium lanjut.

Prof. DR. Dr. L. A. Lesmana, SpPD, KGEH, mengatakan kanker hati merupakan penyakit yang unik karena jika terdeteksi sejak dini maka pengobatannya adalah untuk memperoleh kesembuhan klinis jangka panjang.

“Dengan kondisi tertentu, pengobatan kuratif bisa dengan operasi atau transpantasi hati, bila ada kecocokan organ,” ujarnya dalam diskusi kanker hati yang diselenggaran Bayer Indonesia, Selasa (26/8/2014).

Namun, lanjutnya, karena kebanyakan pasien baru terdeteksi di stadium lanjut yang sudah unresectable, maka penanganannya secara umum melalui terapi sistemik per oral.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kelangsungan hidup sambil mempertahankan kualitas hidup sebaik mungkin.

Berdasarkan data International Agency for Research Cancer (IARC) pada 2008, jumlah penderita kanker hati di Indonesia mencapai 13.238 orang.

Sementara itu, angka kematiannya mencapai 12.825 jiwa.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker hati
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top