Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gigi Tiruan Butuh Perawatan Intensif, Simak Tips Berikut

Sebagian besar pengguna gigi tiruan belum memiliki kesadaran untuk melakukan perawatan yang tepat, padahal perawatan sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 08 November 2014  |  08:19 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Sebagian besar pengguna gigi tiruan belum memiliki kesadaran untuk melakukan perawatan yang tepat, padahal perawatan sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Jika melihat penelitian dalam Omnibus pada 2012, hanya 6% dari keseluruhan pengguna gigi tiruan di Indonesia yang menggunakan produk perawatan gigi tiruan. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan seputar gigi tiruan.

Anggota Komisi Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Susi R. Puspitadewi mengatakan seperti gigi asli, gigi tiruan juga harus dibersihkan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Hal itu penting dilakukan mengingat air liur dan bekas makanan melekat pada gigi tiruan. Dia menjelaskan gigi tiruan sebaiknya dilepas pada malam hari, kemudian direndam dengan air yang telah diberi tablet khusus pembersih gigi tiruan.

“Tablet pembersih punya efek membersihkan supaya plak-plak tidak menempel di gigi tiruan karena gigi tiruan juga lama-lama bisa timbul plak,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Dia tidak menganjurkan untuk menyikat gigi tiruan apalagi jika menggunakan pasta gigi. Gigi tiruan yang sering disikat permukaan nya bisa menjadi tipis dan kasar. Gigi tiruan, ujarnya, berbeda dengan gigi asli. Susi menyebutkan gigi tiruan sepuluh kali lebih lembut dari pada gigi asli.

Jika terpaksa karena harus membersihkan gigi tiruan dengan segera, boleh membersihkan menggu nakan sikat gigi tetapi pilih lah yang benar-benar halus.

Susi mengungkapkan peng gunaan gigi tiruan pen ting dilakukan dengan alasan estetika. Selain itu, gigi tiruan akan membantu menghaluskan makanan secara sempurna sehingga proses pencernaan berjalan lancar.

Gigi tiruan biasa diguna kan oleh para lansia terma suk para veteran. Untuk meningkatkan kualitas hidup para veteran, PDGI dan Yayasan Sahabat Veteran Indonesia bersama dengan Polident dari Glaxo Smith Kline mendonasikan 1.000 paket perawatan gigi tiruan kepada para veteran yang membutuhkan.

Sahabat Veteran adalah organisasi nirlaba independen yang menjadi wadah terbuka bagi semua kalang an untuk berpartisipasi dalam segala bentuk apresiasi dan proses mensejahterakan para veteran.

Marketing Manager Oral Health Care Glaxo Smith Kline Adisti Nirmala mengungkapkan melalui donasi 1.000 paket perawatan gigi tiruan kepada para veteran, pihaknya ingin membangun kesadaran tentang pentingnya perawatan gigi tiruan.

Dia mengharapkan kegiatan tersebut memungkinkan para veteran untuk dapat menikmati kehidupan yang lebih berkualitas. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi dokter gigi
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top