Ilustrasi/Huffpost
Relationship

5 Cara Atasi Masalah Hidup Ketika Tak Ada Pertolongan

Marta Fitria
Kamis, 11 Desember 2014 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Setiap orang pasti pernah mengalami permasalahan hidup, mulai dari masalah kecil, hingga masalah berat.

Ketika Anda sudah merasa buntu dan frustasi karena masalah yang dihadapi, rasanya semua tips, saran, dan nasihat tidaklah membantu. Perasaan sedih, gelisah, takut, dan tertekan membuat seseorang bingung untuk melakukan apa demi mengatasi masalah yang dihadapinya.

Sebenarnya, cara paling tepat untuk menghadapi masalah adalah bagaimana sikap Anda sendiri dalam mengatasi masalah tersebut. Untuk itu, berikut lima cara yang bisa Anda lakukan saat menghadapi masalah kehidupan ketika tak ada lagi pertolongan yang diharapkan.

1. Tutup mata

Saat Anda merasa khawatir dan tertekan, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menutup mata. Kemudian, bersihkan pikiran Anda dari segala hal yang dipikirkan.

Percayalah segala masalah yang dihadapi akan membuat Anda menjadi lebih kuat. Hidup itu cuma sekali. Jadi, jangan buang waktu mengkhawatirkan hal yang tidak patut dipikirkan, seperti ketidakjujuran kantor, teman atau rekan kerja yang menyebalkan, dan hal-hal lain yang tidak bisa diubah.

Tutup mata, tarik napas dalam-dalam, dan biarkan semua kekhawatiran hilang dari pikiran Anda. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan tersenyum dalam segala hal yang terjadi. Senyum akan membantu Anda menghadapi segala masalah.

2. Berdoa

Anda sudah mencoba untuk menutup mata, tapi perasaan khawatir itu tetap ada. Maka, kali ini cobalah untuk berdoa. Berdoa adalah pilihan terbaik bagi orang yang merasa menderita karena gelisah atau tidak bisa mengatasi emosi mereka.

Ketika rasa takut dan gelisah muncul, mulailah berdoa. Kekuatan doa membantu Anda untuk mengatasi segala perasaan susah yang dialami.

3. Hindari orang yang menyebalkan

Ketika mengalami waktu sulit, Anda perlu mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang menginspirasi dan membuat Anda merasa lebih baik.

Meski Anda tidak bisa menghindar dari bos, rekan kerja, atau saudara yang menyebalkan, Anda bisa menjauhi atau menghindari mereka dari kehidupan Anda. Mereka mungkin baik, tapi jika seringkali merasa tertekan tiap kali berbicara dengan mereka, lebih baik menghindarinya.

Jika tidak bisa menghindari orang-orang menyebalkan itu, cukup abaikan saja mereka. Sebelum bicara dengan mereka, tariklah nafas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Ingat, Anda punya masalah lain yang lebih penting untuk dipikirkan, jadi jangan buang waktu untuk memikirkan mereka yang tidak memberikan hal positif bagi diri Anda.

4. Percaya diri sendiri

Apa pun situasi yang dihadapi, sudah seharusnya Anda selalu percaya dengan diri Anda sendiri. Ingatlah, mau tidak mau, hidup itu penuh dengan masalah dan tantangan. Lalu, tugas kitalah untuk belajar bagaimana menghadapi segalanya dengan bijaksana. Anda adalah orang yang cukup kuat untuk mengatasi semua yang terjadi. Anda tidaklah sendiri. Tetap berpikir positif dan percaya diri sendiri, maka Anda akan lihat kehidupan tidak sesulit yang Anda pikirkan.

5. Jadi orang egois

Jika Anda orang yang baik, pasti sangat sulit untuk berubah menjadi egois di segala situasi. Oleh karena itu, ada yang mengatakan, orang baik sulit untuk bertahan di dunia yang kejam ini.

Ketika Anda mencoba untuk mengatasi keadaan sulit, tidak apa-apa menjadi seseorang yang berbeda dan berubah egois. Jika Anda memang butuh waktu untuk diri sendiri, Anda bisa membatalkan suatu pertemuan atau kencan. Habiskan waktu tersebut hanya untuk diri Anda sendiri. Berubah egois sekali-kali tidak masalah dan bisa jadi prioritas seseorang untuk lebih baik lagi. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Memasak & Memanggang Adalah Obat Depresi

Andrea Hirata Rilis Novel "Ayah" Tahun Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Sumber : Womanitely
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro