Diabetes Mellitus/thehealthsite.com
Health

DIABETES: Ini Alasan Perlu Turunkan Berat Badan

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 16 Desember 2014 - 17:10
Bagikan

Bisni.com, JAKARTA—  Diabetes mellitus atau kencing manis menjadi penyakit yang menyeramkan belakangan ini, khususnya karena maraknya makanan dengan pemanis buatan.

Tentu kita bisa menghindari diabetes dengan memulai hidup sehat, dan memakan banyak sayuran dan meminum air putih. Dikutip dari Dailymail, tim penelitian Newcastle, Inggris, dikepalai Profesor Taylor,  menyarankan  penderita diabetes untuk menghilangkan seperenam dari berat badan.

Diperkirakan, kehilangan berat badan dengan cepat dapat membantu lemak yang berada di dalam hati dan pankreas, serta membantu mengontrol gula darah kembali normal.

Profesor Tylor juga menyarankan bagi pengidap diabetes 2 untuk diet rutin menurunkan berat badan mereka. Setelah orang tersebut kehilangan berat badan yang diperlukan untuk membalikkan diabetes, Taylor merekomendasikan mengikuti diet seimbang yang sehat.

Penelitiannya menunjukkan diet dapat mengobati diabetes, bahkan untuk diabetes lama yang telah didiagnosis  delapan tahun sebelumnya.

"Biasanya cukup tiga tahun, karena sejumlah besar orang berhasil menyelesaikan diet dan beberapa mengatakan kadar glukosa mereka tetap normal," kata  Taylor.

"Jika orang over-gizi dan makanan mudah tersedia, angka penderita diabetes naik cukup tajam," katanya.

Dokter Richard Elliott, ahli diabetes dari Inggris, yang mendanai percobaan diet, menekankan bahwa berat badan masih merupakan faktor yang signifikan dalam risiko diabetes.

"Kita tahu sekitar 90 persen orang yang menderita diabetes tipe 2 saat ini kelebihan berat badan atau obesitas.” (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Orang Bertubuh Kurus Juga Bisa Sakit Diabetes

Bila Lansia Merasa Lebih Muda, Angka Kematian Turun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro