Ilustrasi/Jibi
Health

Tips Tetap Bugar di Musim Hujan

Tisyrin Naufalty Tsani
Senin, 19 Januari 2015 - 19:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Awal tahun ini masih dihiasi hujan. Udara dingin hingga banjir pun bisa membuat malas melakukan berbagai kegiatan. Selain itu, tubuh biasanya mudah sekali terserang penyakit yang tentu saja semakin menghambat aktivitas.

Hal itu tak bisa dibiarkan karena setiap hari ada banyak pekerjaan yang harus digarap. Jika tak mau aktivitas terhambat, tentu tubuh harus tetap sehat.

Ada berbagai keluhan yang biasanya datang kala musim hujan. Seperti yang diungkapkan dokter umum dari Rumah Sakit Hermina Serang Eha Julaeha, saat musim hujan seringkali pasiennya mengeluh terkena flu, pilek, asma, hingga alergi.

Agar tetap bugar di musim hujan, dia memberikan beberapa kiat yang bisa diterapkan. Pertama, suhu tubuh yang dingin harus dihangatkan. Caranya dengan melakukan olahraga atau menggunakan pakaian yang mampu menghangatkan tubuh. Jika tak kuat udara dingin, olahraga menggunakan pakaian yang tebal juga tak masalah. Jadi, jangan lupakan jaket saat pergi ke luar rumah.

Selanjutnya, dia mewanti-wanti agar tidak malas untuk bergerak meski cuacanya dingin. Karena jika malas bergerak, persendian akan menjadi kaku. Jika sungkan melakukan olahraga yang macam-macam seperti lari atau push up, bisa diganti dengan membereskan rumah.

“Masker juga diperlukan saat dingin,” katanya. Dengan menggunakan masker, hidung akan terlindungi dari paparan udara dingin sehingga mencegah masuknya virus penyebab penyakit.

Saat udara dingin, lanjutnya, biasanya orang akan malas untuk minum. Padahal biasanya buang air kecil menjadi lebih sering sehingga harus diimbangi dengan konsumsi air putih delapan gelas per hari.

Hal lain yang tak boleh dilupakan yaitu cuci tangan setiap selesai melakukan aktivitas di luar rumah serta mandi dua kali sehari. Selain itu, tetap menjaga konsumsi makanan yang seimbang, perbanyak sayur dan buah serta makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Dari segi konsumsi makanan, ahli gizi dan teknologi pangan Marzuki Iskandar juga mengingatkan konsumsi makanan yang seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan mineral agar tetap bugar.

Dia juga menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang hangat seperti sup. Sup yang bisa dipilih antara lain sup kacang merah yang mengandung zat besi tinggi yang mampu menjaga kondisi tubuh tetap fit.

“Sup bisa dikonsumsi sebagai makanan utama maupun selingan,” katanya.

Jenis sup lain yaitu sup jamur atau sup jagung. Jenis-jenis sup tersebut akan mampu menyegarkan badan juga bisa menambah gairah.

Nah, bagaimana, sudah siap beraktivitas di musim hujan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro