Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 Astrazeneca kepada buruh di Pendopo Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (1/5/2021). /ANTARA FOTO
Health

Tips Tetap Sehat Bugar Setelah Divaksin Covid-19

Newswire
Rabu, 19 Mei 2021 - 14:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 terus dilaksanakan oleh pemerintah. Meskipun sudah divaksin, masyarakat tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan.

Helmin Agustina Silalahi, Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, mengatakan sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan di masa vaksinasi ini. Hal ini untuk tetap menjaga kondisi tubuh kita tetap prima dan terhadang dari berbagai virus.

"Kami sangat menganjurkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh baik sebelum maupun sesudah vaksinasi Covid-19," katanya dalam siaran pers, Rabu (19/5/2021).

Vaksinasi Covid-19 diberikan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan virus corona. Meskipun vaksin dapat membentuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dengan vitamin herbal juga perlu dilakukan untuk tetap menjaga imunitas.

Berikut ini beberapa tips dalam menjaga kesehatan tubuh:

1. Jaga Imunitas Untuk Hadang Virus

Imunitas penting untuk tetap dijaga agar dapat menghadang virus yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini penting untuk diperhatikan baik sebelum vaksinasi atau sesudah vaksinasi. Menjaga imunitas yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat diantaranya memenuhi asupan gizi seimbang, olahraga teratur, mengatasi stres dengan baik dan istirahat yang cukup.

2. Terapkan protokol kesehatan

Selain menjaga imunitas tubuh, protokol kesehatan juga sama pentingnya untuk tetap dilakukan. Hal ini akan semakin melindungi diri kita dari Covid-19. Mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak adalah protokol kesehatan yang harus selalu kita terapkan.

3. Konsumsi Vitamin Sesuai Kebutuhan

Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi vitamin atau suplemen juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh atau imunitas sesuai kebutuhan, tentunya hal ini tidak dapat dipilih secara sembarangan. Pilih suplemen yang mengandung bahan alami dan memiliki khasiat untuk menghadang virus. Salah satunya vitamin herbal yang mampu untuk memelihara kesehatan, menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina sehingga bisa mengembalikan kebugaran dan energi lebih cepat.

Salah satu vitamin yang diproduksi Kalbe Farma adalah H2 Cordyceps Militaris, yakni vitamin herbal yang mengandung ekstrak jamur Cordyceps Militaris.

Jamur tersebut memiliki senyawa aktif, seperti Cordycepin dan Adenosin yang digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, menjaga stamina tetap stabil dan meningkatkan kadar energi di dalam tubuh.

Ekstrak Cordycepinnya mengandung Polisakarida sebagai antioksidan (penangkal radikal bebas) dalam tubuh dan membantu meningkatkan suplai oksigen ke sistem kardiopulmoner sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Berdasarkan kajian Guru Besar Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Prof. Widodo, jamur cordyceps militaris, sebagai salah satu bahan baku obat tradisional disinyalir memiliki potensi sebagai penangkal serangan virus dalam tubuh.

"Kandungan dua senyawa aktif, adenosin dan cordycepin pada jamur cordyceps militaris ini memiliki struktur yang mirip dengan obat virus Galidesivir, yakni sebagai antivirus yang berpotensi cocok untuk virus Covid-19," kata dia.

Data Kementerian Kesehatan mencatat per 4 Mei 2021 pukul 08.00 sebanyak 12.572.111 masyarakat Indonesia telah divaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro