Ilustrasi/Laboracademy
Relationship

Tips Menjawab Pertanyaan Sulit Saat Wawancara Kerja

Andhina Wulandari
Senin, 19 Januari 2015 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dalam wawancara kerja, Anda mungkin sering menemukan pertanyaan-pertanyaan menjebak yang sulit dijawab.

Jangan sampai jawaban yang diberikan membuat Anda gagal mendapat pekerjaan impian.

Kenali dulu beberapa pertanyaan sulit berikut ini, sekaligus cara tepat untuk menjawabnya.

1. Ceritakan tentang diri sendiri

Ini merupakan pertanyaan yang paling umum dan pasti akan ditanyakan oleh pewawancara. Mulailah menceritakan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan kualitas bekerja Anda. Misalnya, Anda adalah tipe orang yang selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, Anda sangat suka tantangan, dan mampu beradaptasi dalam lingkungan baru.

2. Kenapa ingin bekerja di perusahaan ini?

Hindari menjawabnya dengan, “karena saya butuh pekerjaan”. Sebaliknya, katakan bahwa Anda ingin memberi kontribusi pada perusahaan dan Anda pun ingin mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri. Katakan pula Anda telah mendengar banyak hal hebat tentang perusahaan tersebut dan merasa ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda.

3. Kenapa meninggalkan perusahaan yang dulu?

Jangan mengatakan bahwa Anda punya masalah dengan bos atau rekan kerja, Anda benci pekerjaannya, atau bahkan Anda dipecat. Katakan bahwa kepindahan Anda lebih kepada Anda tidak merasa cocok dengan pekerjaan tersebut, karena misalnya tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Bisa juga mengatakan bahwa Anda tidak punya kesempatan untuk berkembang di sana.

4. Apa yang paling membanggakan dalam karir Anda?

Wawancara kerja adalah saat paling tepat untuk mempromosikan diri, karena itu jangan ragu untuk menceritakan pencapaian Anda selama ini. Misalnya, Anda menjadi kepala untuk proyek tertentu atau berhasil memberikan ide yang inovatif. Jangan sampai Anda menjawab tidak tahu atau malah terlihat bingung.

5. Kenapa Anda sempat menganggur?

Jika ada jarak yang cukup lama dari waktu Anda bekerja di sebuah perusahaan, jangan mengatakan bahwa Anda sedang menganggur dan mencari kerja. Katakan kegiatan Anda selama menganggur tersebut, misalnya Anda bekerja lepas, belajar bisnis dengan orangtua, atau lainnya. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

American Sniper Pecahkan Rekor Box Office Bulan Januari

5 Cara Temukan Pasangan yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Lovetoknow/Wikihow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro