Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontes Batu Akik Digelar di Kuantan Singingi, Riau, Februari 2015

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan menyelenggarakan kontes batu akik pada 20-22 Februari 2015.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  23:33 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, KUANTAN SINGINGI- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, akan menyelenggarakan kontes batu akik pada 20-22 Februari 2015.

"Jenis batu akik yang ikut kontes ini berupa batu akik polos dan batu akik bermotif dengan ukuran 1,5 centimeter dan telah diikat," kata Panitia Pelaksana Kontes Batu Akik Kuantan Singingi (Kuansing) Yulizar Munsri di Teluk Kuantan, Selasa (27/1/2015). 

Dia mengatakan, kontes ini diyakini akan diikuti ratusan penggemar batu akik dari berbagai kecamatan dan wilayah lain, karena batu akik sudah menjadi aksesori semua kalangan sebagai pemanis jari.

Kecenderungan batu akik saat ini bukan hanya dimiliki warga kota, akan tetapi telah sampai ke pelosok negeri, selain sebagai keindahan jari juga sebagian menyakini akan meningkatkan aura pemakainya seperti timbulnya karisma, kewibawaan dan keindahan.

"Kalau dilihat sekilas, bagi yang memiliki batu akik dengan yang tidak akan terlihat sangat jauh perbedaan, bahkan kecenderungan pemakaian batu cincin mas sudah kalah jika dibandingkan pemakaian batu akik," ulasnya. 

Menurut dia, penggemar batu akik di Kuansing saat ini mencapai ratusan ribu, baik dari kalangan PNS mulai dari pejabat teras sampai pegawai honor. Bahkan kalangan awam pun juga banyak berburu batu akik hingga tukang poles batu bermunculan memanfaatkan peluang bisnis ini.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing akan memandang bahwa penggemar batu ini sudah bukan lagi sebagai hobi tetapi sebagai bisnis untuk menambah pendapatan. Oleh karena itu pihaknya berupaya menggelar kegiatan kontes yang bernilai bagi daerah ini.

"Syarat mengikuti lomba batu akik adalah, batu akik harus diikat berupa cincin dengan ukuran panjang minimal 1,5 cm, setiap peserta maksimal membawa batu akik sebanyak lima buah, membayar uang pendaftaran Rp50.000 per batu dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh pelaksana," terangnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran dimulai dari tanggal 1-18 Februari dengan menghubungi saudara Zulkandra, Teja Sukmana dan Wiwin Satriadi. Tempat kontes berlangsung di GOR B Stadion Sport Centre Teluk Kuantan.

"Usai kegiatan diharapkan nilai batu akik dari Kuansing harganya tinggi dan bisa dijadikan bisnis, selain nantinya akan ada lelang dan pendaftaran batu di instansi terkait," harapnya. (Antara)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaya hidup batu akik

Sumber : Antara

Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top