Kadar kolesterol/talkfeed.co.za
Health

Berikut Tips Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Februari 2015 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada cara yang aman dan mudah untuk menurunkan kolesterol secara alami. Pertama Anda harus memiliki pemahaman tentang kolesterol. Ini adalah senyawa yang akan diendapkan pada dinding dalam pembuluh darah dan secara bertahap mengurangi ruang di mana darah bisa lewat. Hal ini menyebabkan pengerasan dan stiffing pembuluh darah.

Akibatnya, pembuluh darah kehilangan elastisitasnya. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah dan merupakan alasan utama serangan jantung. Selain itu juga membatasi aliran darah ke jantung dan organ lainnya. Kadar kolesterol tinggi telah menjadi masalah umum.

Orang-orang kecanduan junk food adalah salah satu pengidapnya. Penyakit ini dapat disebut sebagai penyakit gaya hidup. Sebelum pengobatan kolesterol tinggi, Anda harus menghilangkan beberapa kebiasaan Anda yang merupakan faktor utama yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Di dalam tubuh Anda ada dua jenis lemak lemak baik (lipid kepadatan tinggi) dan lemak jahat (lipid kepadatan rendah atau kolesterol jahat).

Lemak baik bertindak membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh kita. Jadi selalu perhatikan apakah Anda mengkonsumsi lemak jahat atau yang baik. Anda dapat menghindari makanan kolesterol tinggi yang sebagian besar terdiri dari lemak jahat. Namun faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam menentukan tingkat lemak jahat dan lemak baik dalam tubuh. Dikatakan bahwa sekitar 25 persen dari kolesterol dalam tubuh kita berasal dari makanan kita, dan 75 persen diproduksi di dalam tubuh kita dengan hati. Cara mendapatkan kolesterol Anda turun?

Untuk menurunkan kolesterol Anda, ada beberapa cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan:

Oatmeal
Ini adalah salah satu yang terbaik untuk mengatasi kolesterol tinggi. Satu cangkir oatmeal memiliki sekitar 2 gram serat larut dan 4 gram serat total. Oatmeal adalah yang terbaik untuk pertahanan makanan terhadap kolesterol.

 

Makan Telur

Sebutir telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol, yang meninggalkan hampir lain yang tersedia 90 mg dari maksimal kolesterol 300 mg yang ideal dikonsumsi setiap har.

Kurangi jumlah Lemak Jenuh

Sebuah penelitian mengklaim bahwa lemak jenuh sedikit meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat akan disimpan di dinding dalam pembuluh darah. Hal ini menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya. Namun, jika Anda mengambil lemak jenuh dalam diet Anda, asupan harian tidak boleh melebihi lebih dari 16 gram. Makanan umum yang mengandung lemak jenuh terutama berasal dari sumber hewani, misalnya mentega, daging sapi lemak, domba atau babi, unggas dengan kulit.


Makan Banyak serat

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Studi telah menemukan bahwa peningkatan konsumsi serat larut, seperti yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran (5 sampai 10 gram per hari) dapat menyebabkan penurunan 5 persen kadar kolesterol dalam darah. Untuk menambahkan 5 sampai 10 gram serat dalam diet Anda berarti hanya memiliki buah atau sayuran sehari.

Mengetahui sumber Trans-Fat

Salah satu pengobatan kolesterol tinggi adalah untuk menghilangkan lemak trans dalam makanan Anda. Trans-lemak yang ada secara alami dalam daging dan produk susu dan dapat dibuat dengan proses kimia yang mengubah lemak normal trans-fat. Trans-lemak dianggap salah satu lemak industri terburuk pada umumnya, dan salah satu penyebab utama kolesterol tinggi. Pastikan untuk mengetahui makanan yang Anda konsumsi dan konten trans-lemak mereka. Cobalah untuk menghapusnya dari daftar makanan Anda

Makan Ikan

Makan ikan salmon, tuna dan makanan laut lainnya adalah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Ikan, seperti salmon dan tuna, misalnya, kaya akan omega -3 yang benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menambahkan ikan untuk menu mingguan Anda dua kali atau tiga kali.

Mengkonsumsimakanan berlemak baik

Tidak semua lemak meningkatkan kolesterol. Lemak baik membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan seperti minyak zaitun, alpukat, ikan, biji rami, dan kacang-kacangan mengandung lemak baik seperti omega-3. Asam lemak ini menurunkan jumlah trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol.

 

Konsumsi 3 buah kenari sehari

Almond mengandung senyawa yang mencegah pemecahan lemak baik (LDL), sehingga mencegah kerusakan pembuluh darah dan jantung. Lemak baik membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh Anda. Jadi biasakan untuk makan almond.

Alpukat

Alpukat dapat meningkatkan lemak baik dan menurunkan kolesterol jahat, terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan yang sangat kuat yang dapat mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

Tidur 8-10 jam sehari

Kekurangan tidur meningkat kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Periksakadar vitamin D  

Apa yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi? Kekurangan vitamin D terkait dengan kolesterol tinggi. Kemampuan tubuh untuk mensintesis vitamin D dari matahari berkurang seiring pertambahan usia. Dapatkan kadar vitamin D Anda diperiksa dengan tes darah. Jika tingkat Anda rendah, mengkonsumsi suplemen vitamin D harian.

Cek Gula Darah Anda

Tingkat glukosa darah yang terlalu tinggi menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida tinggi, yang merupakan lemak darah yang berbahaya.

Olahraga sejam satu hari

Olahraga selama satu jam sehari seperti berjalan kaki akan membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan aliran darah ke hati Anda.

Kayu manis

Peneliti Makanan menemukan bahwa sekitar ½ sendok makan kayu manis setiap hari mampu memotong kolesterol total sebesar 26 persen. Anda dapat menambahkannya dalam teh Anda, taburi pada oatmeal atau makanan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro