aksi massal sarapan dalam rangka menyambut pekan sarapan nasional/Dok.Blue Band
Health

Peringati Pekan Sarapan Nasional, Ribuan Siswa SD Sarapan Massal

Deandra Syarizka
Sabtu, 14 Februari 2015 - 22:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak kurang dari 6.000 siswa SD dari 21 sekolah di Jakarta terlibat dalam aksi sarapan massal yang terjalin berkat kerja sama LSM Yayasan Emmanuel dan Bina Masyarakat Peduli. Hal ini dilakukan sebagai peringatan menjelang Pekan Sarapan Nasional (Pesan) yang jatuh pada 14-20 Februari 2015.

 Aksi sarapan massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan peluncuran produk margarine terbaru dari Blue Band bernama Blue Band Serbaguna Baru, belum lama ini. 

Kegiatan ini juga melibatkan orang tua murid yang mendapatkan sosialisasi mengenai pentingnya kandungan Omega 3 dan 6 bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, juga dilengkapi dengan demo masak yang memberi kiat menu makanan seimbang bagi buah hati.

Menurut ahli gizi kesehatan masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Ratna Djuwita, asupan lemak esensial Omega 3 dan 6 penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Kedua nutrien atau kandungan gizi tersebut bisa membuat membran-membran sel dalam tubuh fleksibel sehingga nutrisi dapat diserap secara optimal.

“Selain itu Omega 3 dan 6 juga diperlukan dalam sistem syaraf dan pembentukan hormon, serta berperan positif terhadap kesehatan jantung,” ujarnya ketika menjadi pembicara dalam diskusi mengenai pentingnya Omega 3 dan 6 bagi kesehatan tubuh di SDN 01 Menteng, Sabtu (14/2/2015).

 Menurutnya, Omega 3  dan 6 termasuk ke dalam gizi yang hanya bisa diperoleh dari asupan makanan karena tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Sayangnya, makanan yang mengandung kadar Omega 3 paling tinggi terkandung pada biji flax yang hanya terdapat di Eropa dan tidak tersedia di Indonesia.

Meski begitu, masyarakat Indonesia masih bisa mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3, antara lain ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, dan kacang walnut. Adapun kandungan Omega 6 bisa diperoleh dari makanan seperti minyak bunga matahari, jagung, kacang tanah, telur ayam dan daging merah.

 Dalam sehari, idealnya seorang anak laki-laki mendapatkan kadar Omega 6 sebesar 12 gram dan Omega 3 sebesar 1,2 gram dari seluruh asupan makanan yang dikonsumsi. Sementara itu, anak perempuan membutuhkan Omega 6 sebesar 10 gram dan Omega 3 sebesar 1 gram setiap harinya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro