Sakit datang bulan/
Health

Berikut Makanan Alami Yang Bisa Meredakan Sakit Datang Bulan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 17 Februari 2015 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Perdarahan saat masa menstruasi yang berat, secara medis dikenal sebagai menorrhagia. Umumnya, masa ini ditandai dengan periode normal berat atau berkepanjangan.

Menstruasi adalah fenomena normal tubuh antara wanita. Tapi perdarahan berat selama hari-hari bulan tidak normal dan dalam beberapa kasus membutuhkan perhatian medis. Menstruasi berat itu sendiri bukanlah suatu penyakit, tetapi kerugian terus menerus darah pasti dapat memiliki efek serius pada tubuh perempuan.


Hal ini dapat menyebabkan anemia, kelelahan, sesak napas, dan gejala lain yang terkait. Oleh karena itu penting bahwa seorang wanita mendapatkan pemeriksaan medis yang tepat untuk mengidentifikasi alasan yang tepat untuk perdarahan menstruasi yang berat. Untungnya ada beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk perdarahan menstruasi berat yang obat yang aman dan alami untuk aliran menstruasi berat.


Biasanya perempuan harus kehilangan 40 ml darah selama satu siklus menstruasi dan jika lebih dari itu maka perdarahan abnormal. Gejala lain termasuk perdarahan menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari, kebutuhan untuk mengubah pembalut atau tampon Anda setiap 2 sampai 3 jam berulang-ulang, aliran menstruasi dengan gumpalan darah besar, berat dan kram yang terus menerus di perut bagian bawah selama periode, kelelahan, sesak napas, mual, sakit kepala, perubahan suasana hati, dan kelemahan ekstrim.

Penyebab perdarahan berat selama periode biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terutama pada wanita sebelum menopause (usia 40-50 tahun).

Penyebab lain periode berat termasuk stres, diet penurunan berat badan yang berlebihan atau gangguan tiroid, fibroid, kelainan rahim, infeksi di daerah panggul, adanya tumor jinak rahim seperti penebalan non-kanker endometrium (lapisan rahim internal), polip, fibroid, infeksi dan endometriosis dan adenomiosis (dinding rahim menjadi tipis, lemah dan rentan terhadap pecah sebagai wanita melewati proses melahirkan anak beberapa kali dalam hidupnya).

Nah, untuk mengatasi rasa sakit itu, ada beberapa tips alami dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti berikut ini:

Cabe Rawit
Jika Anda mengalami menstruasi yang berlebihan, Anda dapat mencoba cabai rawit. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan aliran darah dalam tubuh. Hal ini juga membantu untuk menjaga keseimbangan hormonal dan meredakan gejala perdarahan berat. Tambahkan 1 sendok teh bubuk cabe rawit  dengan segelas air hangat yang sedikit madu. Minum ini 2 atau 3 kali sehari.

Kayu Manis
Cinnamon efektif dalam mengurangi perdarahan menstruasi berat yang berhubungan dengan endometriosis, fibroid rahim dan adenomiosis. Tanaman ini mengurangi pendarahan dengan merangsang aliran darah dari rahim. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antispasmodic membantu meringankan kram. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis untuk secangkir air panas. Didihkan selama beberapa menit. Tambahkan madu dan minum 2 kali sehari.


Kompres dingin
Coba gunakan kompres dingin. Suhu dingin akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Ini akan membantu mengurangi aliran darah serta rasa sakit di perut bagian bawah. Letakkan beberapa buah es batu dengan handuk tipis dan mengikatnya dengan benar. Letakkan di perut Anda selama 15 sampai 20 menit.

Jahe
Jahe membantu menghentikan aliran menstruasi. Anda dapat membuat ekstrak yang direbus dalam air selama beberapa menit. Infus dapat dimaniskan dengan gula atau madu agar lebih paliatif. Cairan ini bisa diminum untuk tiga kali sehari setelah makan.

Ketumbar

Biji ketumbar dapat membantu menghentikan siklus menstruasi yang berat. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi rahim dan menyeimbangkan hormon perempuan dalam tubuh. Tambahkan 1 sendok teh biji ketumbar 2 gelas air. Rebus sampai kuantitas mengurangi setengahnya. Saring, kemudian tambahkan sedikit madu. Minum selagi masih hangat, 2 atau 3 kali sehari selama siklus bulanan Anda.

Red Raspberry
Daun raspberry merah yang bermanfaat bagi perempuan yang menderita aliran menstruasi berat. Mereka mengandung tanin yang membantu memperkuat otot-otot rahim. Selain itu, membantu mengurangi sakit perut. Tambahkan 1 sendok makan daun kering raspberry merah untuk secangkir air panas. Tutup dan curam selama sekitar 10 menit. Saring dan minum teh ini hingga 3 kali sehari.


Aprikot kering
Ini adalah tinggi zat besi, yang penting saat menstruasi karena pasokan besi bisa habis dengan perdarahan berat. Makanan kaya zat besi lainnya adalah hati, kacang-kacangan, kerang, dan roti yang diperkaya dan sereal.

Makanan mengandung besi
Besi merupakan mineral penting bagi perempuan yang berhubungan dengan periode menstruasi yang berat karena dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi. Makan makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau tua, kacang-kacangan, biji labu, kuning telur, hati, daging merah, kismis, plum, dan sereal yang diperkaya dengan zat besi. Anda juga dapat mengambil suplemen zat besi setelah konsultasi dengan dokter.

The thyme
Ini adalah salah satu solusi alami paling efektif untuk perdarahan menstruasi yang berat. Anda dapat membuat teh dengan seduhan daun thyme 1 sendok makan dalam cangkir air mendidih selama sekitar 10 menit. Teh thyme dicampur dengan es batu juga dapat digunakan sebagai kompres dingin pada perut.

Magnesium
Magnesium adalah mineral penting untuk menyeimbangkan hormon wanita, seperti progesteron dan estrogen. Selain itu, menstruasi yang berat dapat disebabkan oleh kekurangan magnesium dalam tubuh. Oleh karena itu, makan makanan yang kaya magnesium akan membantu mengontrol pendarahan yang banyak saat menstruasi. Makanlah makanan yang kaya magnesium seperti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian, alpukat, cokelat hitam, labu, labu, dan semangka.

 

Jeruk
Makan buah jeruk seperti jeruk, tomat dan lemon yang kaya vitamin C dengan makanan Anda untuk meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh, karena besi mudah habis saat menstruasi.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro